Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pidato Perdana Prabowo: Kita Anti Penjajahan, Kita Dukung Rakyat Palestina

sri astuti Editor : Rendi Setiawan - 2 jam yang lalu

2 jam yang lalu

12 Views

Presiden RI Prabowo Subianto saat menyampaikan pidato perdana di Sidang Paripurna MPR, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Jakarta, Ahad (20/10). (Foto: Tangkapan Layar)

Jakarta, MINA – Prabowo Subianto dalam pidato perdananya sebagai Presiden Republik Indonesia, menegaskan Indonesia menjalankan politik luar negeri bebas aktif yang memiliki prinsip anti penjajahan dan berkomitmen mendukung rakyat Palestina.

“Sudah berkali-kali saya canangkan Indonesia akan menjalankan politik bebas aktif. Saudara-saudara sekalian dengan demikian kita ingin menjadi sahabat semua negara, tapi kita punya prinsip. Prinsip kita adalah anti penjajahan, karena kita pernah mengalami penjajahan,” ujar Prabowo di hadapan peserta Sidang Paripurna MPR, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Jakarta, Ahad (20/10).

“Kita anti penindasan karena kita pernah ditindas, kita anti rasialisme, kita anti-apartheid karena kita mengalami apartheid. Waktu kita dijajah kita bahkan digolongkan lebih rendah dari anjing,” tegasnya.

Untuk itu, ia mengatakan, Indonesia punya prinsip harus membela rakyat-rakyat yang tertindas di dunia, dan karena itu juga Indonesia mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.

Baca Juga: Prabowo Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina

Prabowo juga menegaskan, Indonesia siap mengirim bantuan lebih banyak, mengevakuasi mereka yang terluka dan anak-anak yang menjadi korban.

“Kita siapkan rumah sakit tentara kita dan rumah sakit-rumah sakit lain untuk membantu saudara-saudra kita yang menjadi korban perang yang tidak adil,” tambahnya.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Ahad (20/10).

Prabowo dan Gibran mengucapkan sumpah dan janji sebagai presiden dan wakil presiden sebagaimana diatur dalam Pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. []

Baca Juga: Ketua MPR Harap Presiden Prabowo Lanjutkan Dukungan Kemerdekaan Penuh Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
MINA Preneur
MINA Preneur
Indonesia