PIMNAS ke-32 Diikuti 1.614 Ilmuan Muda Diadakan di Unud

Bali, MINA – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 dihadiri 1.614 ilmuwan muda akan diadakan di Universitas Udayana (Unud) pada 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri, dan 56 perguruan tinggi swasta. Mereka akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai oleh 71 orang juri.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, serta Rektor Universitas Udayana Raka Sudewi dalam Konferensi Pers di Gedung Rektorat Unud, Bali, pada Senin (5/8).

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im mengucapkan selamat atas terpilihnya Unud menjadi tuan rumah PIMNAS ke- 32. Ainun mengungkapkan penyelenggaraan PIMNAS ini dapat dimanfaatkan Unud untuk membangun reputasi dan bagi mahasiswa Unud untuk membangun jejaring kerja dan pertemanan.

“PIMNAS ini ajang kompetisi nasional dalam hal IPTEK serta kreativitas lainnya. Ini merupakan ajang bagi Unud untuk membangun dan mengembangkan reputasinya, juga ajang bagi mahasiswa sebagai ‘liaison officer’ untuk membangun jejaring dengan berkomunikasi dan berinteraksi dengan para peserta baik peserta PIMNAS maupun tamu-tamu,” ucap Ainun.

Sesjen Ainun melanjutkan kegiatan PIMNAS diharapkan menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa yang dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri.

“Kami berharap tentu ini menjadi acara yang sukses yang mendukung visi Kementerian untuk menghasilkan generasi kompeten dalam mengisi pembangunan,” ujarnya.

Dirjen Belmawa Ismunandar dalam kesempatan sama mengungkapkan penyelenggaraan PIMNAS ke 32 di bulan Agustus turut menyemarakkan peringatan

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tema yang diangkat dalam PIMNAS ke-32 sangat erat kaitannya dengan tema HUT ke-74 RI yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Tema PIMNAS ke-32, yakni “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan”.

“PIMNAS itu (menjadi) upaya kita dalam membangun SDM Unggul dan utuh dalam arti mahasiswa berkompetisi tidak dalam kemampuan hard skill saja, tetapi juga soft skill tetapi juga aspek-aspek terkait leadership, komunikasi, presentasi juga sangat dituntut. Itu pun dijadikan aspek penting dalam penilaian,” ujar Ismunandar. (R/R10/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)