Pimpinan Kontingen Indonesia Tinjau Persiapan SEA Games 2019

Manila, MINA – Chief de Mission (CDM) ke ajang SEA Games 2019, Harry Warganegara, tiba di Manila, Filipina, pada Selasa (29/10) meninjau  persiapan yang dilakukan tuan rumah dalam menyambut gelaran multi event dua tahunan terbesar di Asia Tenggara itu.

Dengan didampingi beberapa staf pendukung, Harry meninjau venues yang akan digunakan oleh para atlet Indonesia, dan bertemu dengan pejabat-pejabat Kedutaan Besar Republik (KBRI) Indonesia di Manila dalam rangka menghadapi  SEA Games 2019 yang dimulai November mendatang. Demikian keterangan yang diterima MINA, Rabu (30/10).

Salah satu isu yang mencuat jelang penyelenggaraan SEA Games di Filipina adalah tersebarnya virus polio. Hal ini tentunya sedikit membuat cemas sejumlah atlet yang dipercaya untuk mewakili Indonesia.

Namun setelah menemui sejumlah pihak terkait di Filipina, Harry memastikan kalau isu tersebut tidak perlu dirisaukan, karena titik penyebarannya sangat jauh dari tempat-tempat penyelenggaraan SEA Games 2019.

”Isu virus polio untuk anak memang ada, tetapi itu terjadi di wilayah selatan, dan itu sudah diantisipasi oleh pemerintah setempat, sehingga saya pastikan atlet kita nanti akan tetap aman,” kata Harry.

Sementara itu kebutuhan para atlet Indonesia akan makanan halal juga jadi agenda kunjungan CDM ke Filipina dan  pihak panitia telah memastikan ketersediaan makanan halal bagi para atlet asal Indonesia.

”Makanan untuk atlet Indonesia aman,” sambung Harry.

Sementara itu DCM  sedikit menyayangkan sejumlah perubahan jadwal dan venue yang sebelumnya ditetapkan  panitia. Hal ini  akan ia kordinasikan kepada pelatih dan penganggungjawab setiap cabang olahraga yang mengalami perubahan jadwal dan tempat pertandingan.

”Tetapi saya rasa perubahannya tidak akan terlalu mengganggu persiapan yang telah dilakukan para atlet kita,” kata Harry.

Lebih lanjut ia sangat bersyukur karena pihak panitia memberikan banyak sekali kemudahan kepada kontingen Indonesia.

Ia juga menyebut, tidak akan ada batas jumlah pewarta Indonesia yang akan melakukan peliputan di SEA Games 2019.

”Saya sudah mencoba untuk meloby pihak penyelenggara soal kuota wartawan asal Indonesia. Alhamdulillah mereka tidak akan membatasi jumlah pewarta asal Indonesia yang akan melakukan peliputan di sana,” katanya.

”Pihak KBRI juga sangat mendukung persiapan kami. KBRI mewakili kami pada team drawing, dan telah melakukan sejumlah persiapan luar biasa menyambut kedatangan atlet Indonesia,” tutur Harry. (R/LM/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.