Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pj Gubernur Banten: MTQ Ajang Penggalian Potensi Raih Prestasi Terbaik

Rana Setiawan Editor : Zaenal Muttaqin - Jumat, 26 Juli 2024 - 17:08 WIB

Jumat, 26 Juli 2024 - 17:08 WIB

10 Views

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXI tingkat Provinsi Banten, Rabu (24/7/2024) malam.

Serang, MINA – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXI tingkat Provinsi Banten, Rabu (24/7) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar menyampaikan, MTQ ini sebagai ajang penggalian potensi untuk meraih prestasi terbaik.

Dia mengungkapkan, Pemprov Banten berharap acara MTQ ini dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai wahana silaturahmi guna memantapkan jalinan ukhuwah Islamiyah. Sebagai pondasi terciptanya ukhuwah basyariyah (persaudaraan antar sesama bangsa) dan ukhwah wathoniyah (persaudaraan atas dasar kesamaan tanah air).

“Sebagai sebuah kompetisi, MTQ XXI tingkat Provinsi Banten ini hendaknya dapat menjadi ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjadi momen pembinaan kafilah, khususnya qori/qoriah, hafidz/hafidzah serta peserta MTQ di cabang lainnya yang berasal dari delapan kabupaten dan kota,” ujarnya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Al Muktabar menegaskan jika momen MTQ ini sungguh-sungguh dijadikan sebagai ajang penggalian potensi yang diharapkan dapat meraih prestasi terbaik serta menjadi duta-duta Provinsi Banten dalam ajang MTQ Nasional.

“Kita harapkan nanti Provinsi Banten bisa meraih prestasi terbaik,” katanya.

Pembukaan MTQ XXI Provinsi Banten Tahun 2024 dilakukan dengan menabuh terbang gede secara bersamaan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar yang diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, jajaran Forkopimda Provinsi Banten, seluruh Kepala Daerah, Ketua Umum LPTQ Provinsi Banten Virgojanti, Kepala Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota, tokoh pendiri Provinsi Banten, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Pembukaan diawali dengan defile masing-masing kafilah dari delapan Kabupaten dan Kota, dan semakin meriah dengan penampilan Gitalis Dwi Natarina atau Gita KDI dari Gambus Elbalasqi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Piala bergilir dari Kabupaten Tangerang sebagai juara umum MTQ 2023 kepada Pemprov Banten.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Dalam laporannya, Ketua panitia MTQ XXI Tingkat Provinsi Banten yang juga Ketua Umum LPTQ Provinsi Banten Virgojanti mengungkapkan pelaksanaan MTQ XXI tingkat Provinsi Banten tahun ini mengambil tema utama melalui MTQ XXI Tingkat Provinsi Banten kita wujudkan masyarakat cinta Al Quran untuk Banten yang maju berdasarkan iman dan taqwa.

“Jumlah peserta yang mengikuti MTQ ini sebanyak 508 orang yang mewakili Kabupaten dan Kota masing-masing dengan cabang yang akan dimusabaqohkan sebanyak 9 cabang yang tersebar di 14 majelis,” katanya.

Sembilan cabang itu, lanjutnya, cabang tilawah, tahfidz, tafsir, syahril quran, fahmil quran, khattil quran atau kaligrafi, karya tulis ilmiah, hafalan hadist dan qiroatul qutub.

“Mudah-mudahan dengan terselenggaranya MTQ ini kita mendapatkan calon-calon peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Banten pada perhelatan MTQ nasional dan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hafalan Hadist (STQH) nasional ke-28 tahun 2025 yang akan dilaksanakan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur,” jelasnya.

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Sekretaris Umum LPTQ Pusat yang juga Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Ahmad Zayadi mengapresiasi pelaksanaan MTQ ke-XXI tingkat Provinsi Banten yang berjalan cukup meriah.

Menurut Zayadi, dengan adanya pelaksanaan MTQ yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya ini membuktikan Pemprov Banten peduli akan syiar Islam di tengah kemajemukan masyarakat Banten.

Karena sejatinya, Al Quran itu tidak hanya meneduhkan untuk dibaca, tapi juga mempersatukan dan sumber inspirasi yang begitu indah untuk kita jadikan sebagai landasan hidup.

“Oleh karena Al Quran harus menjadi landasan hidup kita semua, terutama generasi muda dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045,” ucapnya.[]

Baca Juga: 20 Tahun Pembunuhan Munir, Amnesty Internasional Desak Pemerintah Tuntaskan Kasus

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Sosok
Masjid Agung Banten
Feature
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia