PM AFRIKA TENGAH SERUAN GENCATAN SENJATA AFRIKA JELANG RAMADHAN DAN PIALA DUNIA

ANDRE NZAPAYEKE
Perdana Menteri Republik Afrika Tengah Andre Nzapayeke (kiri)
Perdana Menteri Republik Afrika Tengah Andre Nzapayeke (kiri)

Bangui, 14 Sya’ban 1435/12 Juni 2014 (MINA) – Perdana Menteri Republik Afrika Tengah, Andre Nzapayeke, menyerukan gencatan senjata kepada pihak-pihak yang berseteru sehingga penduduk dapat menikmati Ramadhan dan Piala Dunia yang dimulai di Brazil Kamis ini.

Nzapayeke mengatakan pada konferensi pers di ibukota Bangui, Rabu, bahwa turnamen dan bulan Ramadhan dimulai pada akhir Juni, menyajikan sebuah kesempatan untuk menghentikan serangan brutal yang telah menewaskan ribuan orang sejak tahun lalu.

Nzapayeke mengatakan bahwa ia ingin generasi muda pada khususnya menikmati ramadhan dengan hikmat. Al Jazeera melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Generesi muda afrika harus mulai mengembangkan kemampuan positifnya dan tidak lagi larut dalam suasana perang. Ada contoh orang sukses dari Afrika, Samuel Eto’o dan Didier Drogba.,” tambahnya.

Nzapayeke menjelaskan, bulan puasa Ramadhan yang dimulai pada tanggal 28 Juni sebagai “masa damai dan cinta”.

Negara Afrika Tengah mengalami kisis kekerasan etnis yang belum pernah terjadi sebelumnya, sejak kelompok oposisi bersenjata Seleka yang sebagian besar Muslim, melakukan kudeta pada Maret 2013. Munculnya milisi Kristen Anti-Balaka yang melakukan pembantaian balas dendam terhadap warga Muslim menjadi masalah serius di negara itu.

Ribuan orang telah tewas dan ratusan ribu terpaksa mengungsi. Hampir seluruh populasi Muslim diusir dari Bangui sejak Seleka dipaksa keluar dari kekuasaan pada bulan Januari 2014 lalu. (T/P09/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0