PM Australia Yang Baru Akan Kunjungi Indonesia

Jakarta, MINA – Perdana Menteri Australia Scott Morrison akan melakukan kunjungan kenegaraan ke pada Jumat 31 Agustus sampai 1 September dan akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor.

“Ini merupakan kunjungan pertama PM Scott ke luar negeri setelah ia dilantik pada 24 Agustus lalu. Dalam kunjungan ini akan dibahas peningkatan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi, kerja sama di tingkat kawasan, ASEAN, dan Indo Pasifik,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir pada press briefing di Jakarta, Rabu (29/8).

Sementara itu, Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI, Edi Yusup mengatakan, pada kunjungan PM Australia kali ini rencananya akan ada deklarasi mengenai Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

“Saat ini IA-CEPA masih dalam tahap pembahasan final, mudah-mudahan tanggal 31 nanti akan ada deklarasi mengenai penyelesaian perundingan IA-CEPA atau perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia-Australia sehingga bisa diumumkan,” jelas Edi.

Ia menambahkan, Indonesia dan Australia juga sepakat untuk meningkatkan hubungan kemitraan, dari kemitraan komprehensif menjadi comprehensive strategic partnership.

Pada kunjungan PM Scott ini, akan diselenggarakan pula Forum Bisnis Indonesia-Australia yang akan dihadiri oleh 100 pengusaha dari Indonesia dan 100 pengusaha dari Australia.

Menurut rencana, Forum Bisnis Indonesia – Australia tersebut akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Jakarta, pada Sabtu (1/9).(L/R04/P1)

Mi’raj news Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.