Pompeo: AS Komitmen Lakukan De-eskalasi dengan Iran

Washington, MINA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada hari Jumat (3/2) menegaskan kembali komitmen Washington untuk melakukan de-eskalasi dengan Iran.

Hal itu disampaikan menyusul pembunuhan Komandan Tinggi Iran dalam serangan udara AS di ibukota Irak, Baghdad, Anadolu Agency melaporkan.

“Saya berbicara hari ini dengan Anggota Politbiro Tiongkok Yang Jiechi untuk membahas keputusan Donald Trump yang sebenarnya untuk menghilangkan Soleimani sebagai tanggapan terhadap ancaman yang akan segera terjadi terhadap kehidupan Amerika. Saya menegaskan kembali komitmen kami untuk de-eskalasi,” kata Pompeo melalui Twitternya.

Pompeo mengatakan dia juga membahas situasi ini dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, dan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, berterima kasih kepada sekutu AS itu karena “mengakui ancaman agresif yang terus berlanjut yang ditimbulkan oleh Pasukan Quds Iran.”

AS pada Kamis (2/1) mengkonfirmasi bahwa mereka melakukan serangan yang menewaskan Soleimani, Komandan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Iran.

Pentagon menuduh Soleimani berencana untuk melakukan serangan terhadap diplomat AS dan personil AS lainnya di Irak dan kawasan tersebut umumnya, dengan mengatakan pemimpin yang terbunuh bertanggung jawab atas kematian ratusan anggota personil Amerika dan koalisi.

Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan Iran dengan AS yang memuncak dengan menyerbu kompleks Kedutaan Besar AS oleh warga Irak pada Selasa (31/1) lalu. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.