Ponpes Al-Fatah Lampung Peringati Hari Santri Nasional 2020

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah menggelar acara memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Pembukaan peringatan HSN oleh Ponpes Al-Fatah dipusatkan di Masjid An-Nubuwwah, Kamis, (22/10).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan santri berkumpul di masjid mengenakan seragam serba putih, mendengarkan tausyiah dari pimpinan ponpes dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Santri juga mengadakan pawai mengelilingi lingkungan ponpes, usai tausiyah dari pimpinan ponpes.

Selain itu, Ponpes juga mengadakan lomba cipta kreasi, pentas seni, lomba kebersihan, dan puncak acara sekaligus penutupan serta pengumuman pemenang pada Sabtu.

Mudirus Shuffah kepada MINA terkait HSN menekankan pentingnya ukhuwah bagi santri dalam memperingati HSN.

“Melalui hari santri, kita rajut ukhuwah membangun negeri dan mengapai ridho Ilahi. Santri sehat, pesantren kuat, Indonesia hebat, Islam penuh rahmat,” ujarnya.

Sementara staf bidang SDM, Syarifuddin saat memberikan arahan dan tausiyah pada pembukaan peringatan HSN menekankan agar para santri memahami sejarah.

Selain itu, Syarifuddin berpesan agar santri memperhatikan kehidupan beragamanya dengan berpegang kepada Allah dan RasulNya.

Tepatnya pada 22 Oktober 1945 terdapat momentum dikeluarkan Resolusi Jihad dimana terkandung perjuangan mempertahankan Indonesia dari kaum penjajah. Perjuangan tersebut merupakan suatu sikap untuk melawan penjajahan di negeri ini, mengingat pada saat itu Belanda berupaya menguasai Indonesia dengan membonceng sekutu.

Resolusi jihad yang ditetapkan Hasyim Asy’ari tersebut memberikan dampak begitu besar, dimana santri bersama masyarakat melakukan perlawanan terhadap kaum penjajah terutama di Surabaya.

Pada peringatan tahun ini, diusunglah tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Mengingat peringatan Hari Santri tahun ini berada di tengah Pandemi Covid-19.(L/twi/B03/P1).

 

Mi’raj News Agency (MINA).