Ponpes Al-Fatah Muhajirun Adakan Nonton Bareng Film Bertema Santri

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Memringati Hari Santri Nasional (HSN), Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajirun mengadakan Nonton Bareng Film Bertema Santri, Rabu (21/10) malam.

Humas Al-Fatah, Nurhadis, kepada wartawan MINA di sela acara mengatakan, nonton bareng yang diadakan di Masjid An-Nubuwwah,  merupakan rangkaian kegiatan peringatan HSN.

“Guna memperingati HSN, kami mengadakan beberapa kegiatan diantaranya malam ini nonton bareng film bertemakan santri, lainnya pawai santri, perlombaan cipta karya dan pentas seni, ” katanya.

Menurut Nurhadis, Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengingatkan peran santri dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sebab menurutnya ditetapkannya 22 Oktober sebagai HSN berkaitan dengan resolusi jihad yang dikeluarkan Kyai Haji Hasyim Asy’ari untuk berperang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Santri harus tahu sejarah ini, kalau ada tulisan sejarah yang mengaburkan peran santri umat Islam saat itu, kita harus tolak. Ummat Islam punya peran sentral dalam kemerdekaan. Karenanya, semangat perjuangan santri saat itu harus dimiliki santri saat ini,” ujarnya.

Nonton bareng selama 2 jam ini diputarkan film Negeri 5 Menara. Negeri 5 Menara adalah roman karya Ahmad Fuadi asal daerah Danau Maninjau, Sumatera Barat yang diterbitkan pertama kali oleh Gramedia pada tahun 2009. Novel ini bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur yang jauh dari rumah dan berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia.

“Tahun lalu kita putarkan film Sang Kiai, untuk tahun ini kita putarkan film Negeri 5 Menara. Harapannya film karya santri Ponpes Al-Fatah yang akan kita putarkan pada perayaan HSN tahun depan,” katanya.(L/vnu/twi/lmr/bma/nra/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).