PRAKTISI: PENDIDIKAN USIA DINI SANGAT PENTING

Tedi tengah menyampaikan urgensi pendidikan usia dini (Rahmi_MINA)
Tedi tengah menyampaikan urgensi (Rahmi-MINA)

Jakarta, 6 Safar 1437/18 November 2015 (MINA) – Pusat Penelitian Kebijakan () Badan Penelitian dan Pengembangan () Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Tedjawati mengatakan, pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini () untuk pembentukan mental pada anak.

“Kesiapan anak yang ikut PAUD sangat berbeda dengan yang tidak mengikuti, saat penelitian kepada anak yang tidak PAUD mereka sangat kesulitan untuk mengungkapkan ada rasa malu dan takut,” kata Tedjawati yang akrab dipanggil Tedi.

Hal senada diungkapkan praktisi PAUD Istiqlal, Aries Susanti K. mengatakan, pendidikan usia dini sangat penting, untuk membentuk karakter dan ahklak pada anak.

Berbagai penelitian internasional, stimulasi kognitif sangat penting untuk diberikan pada anak usia 0-4 tahun, disebut masa emas atau golden period dalam tumbuh kembang anak, perkembangan kognitif, sosial dan emosional terjadi akan mempengaruhi kesehatan, kemampuan belajar sepanjang waktu.

“90 persen otak berkembang sebelum usia 5 tahun, puncak perkembangannya melalui pengamatan, pendengaran, dan bahasa pada 1000 hari dari janin – 2 tahun hingga sebelum usia 5 tahun,” kata Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (Ditjen PAUD), Ella Yulaelawati dalam presentasinya.

Di sela acara tersebut membahas, perlu ditingkatkannya pendidikan guru PAUD. Mayoritas kualifikasi guru PAUD Indonesia belum Strata Satu (S1).

“Meskipun belum berstatus S-1, hal terpenting bagi guru PAUD adalah komitmen dalam mengajar dan mendidik anak dengan sepenuh hati,” kata Tedi.

Dia menambahkan, mayoritas guru PAUD di pedesaan berasal dari para kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Posyandu dan sebagainya. Mayoritas guru ini hanya lulusan SMA dan SMP, tambahnya.(L/P004/hna/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0