PRAMUKA TINGKATKAN PERLINDUNGAN ANAK

660ded74-10ed-4b3e-b3de-bec0a564dc1d
Ketua Kwartir Nasional Gerakan , . (Foto: Chamid/MINA)

Jakarta, 15 Shafar 1437/26 November 2015 (MINA) – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia bersama United For Children () menandatangani kesepahaman bersama guna meningkatkan komitmen perlindungan terhadap hak anak.

“Melalui momentum ini, Gerakan Pramuka akan terus mempromosikan upaya perlindungan terhadap hak anak dan menjamin kebebasan anak berekspresi serta memastikan anak Indonesia sehat dan sejahtera,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (26/11).

Hadir dalam penandatanganan kesepahaman bersama itu, Wakil Ketua Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama Gerakan Pramuka Marbawi, Kepala UNICEF Untuk Indonesia Gunila Olsson, dan Direktur Utama Radio Republik Indonesia Rosalita Niken Widiastuti.

Pada kesempatan itu, Adhyaksa menegaskan pentingnya sikap tegas terhadap para pelaku kejahatan, khususnya kejahatan terhadap anak di bawah umur. Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk menyelamatkan masa depan bangsa.

“Anak adalah masa depan bangsa, ini mungkin gagasan baru (kejahatan anak sebagai extraordinary crime), tapi keberadaannya sangat penting untuk melindungi dan menyelamatkan nasib anak bangsa. Untuk itu, kita harus mendukung penuh seluruh elemen bangsa agar anak-anak kita terlindungi,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama Gerakan Pramuka, Marbawi mengungkapkan, penandatanganan kerjasama Gerakan Pramuka dengan UNICEF adalah langkah nyata dari transformasi dan rebranding Gerakan Pramuka.

“Gerakan tersebut konsisten dengan hasil-hasil riset terdahulu yang dilakukan oleh Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama Gerakan Pramuka dalam rangka membuat Gerakan Pramuka lebih relevan dalam kehidupan berbangsa,” kata Marbawi.

“Mengapa anak?, karena anak itu kehidupan. Mengurus kehidupan itu sangat penting. Itu alasan utama Pramuka berkarya untuk membuat kehidupan, terutama menjadikan kehidupan anak yang lebih baik,” pungkasnya. (L/P011/P010/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0