Perancis Dukung AS Tanggapi Serangan Senjata Kimia

Korban serangan senjata di Suriah (Foto; File/Istimewa)

Paris, MINA – akan membalas terhadap rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad jika ada bukti berada di belakang dugaan serangan gas klorin baru-baru ini di Ghouta timur yang dikuasai pemberontak, kata jurubicara pemerintah Benjamin Griveaux, Selasa (10/4).

“Jika garis merah telah disilangkan, akan ada tanggapan,” katanya kepada radio Eropa 1, seraya menambahkan bahwa intelijen yang dimiliki oleh Presiden Emmanuel Macron dan Presiden Donald Trump melaporkan penggunaan senjata kimia.

Dalam sebuah pembicaraan telepon pada Senin malam, kedua pemimpin itu kembali membahas serangan kimia terbaru yang diduga dalam perang sipil Suriah, di kota Douma dekat Damaskus, Sabtu (7/4).

Petugas penyelamat dan petugas medis di Douma mengatakan, sedikitnya 60 orang tewas setelah serangan gas beracun yang dicurigai di kantong terakhir yang dikuasai pemberontak dari kubu oposisi satu kali Ghouta Timur, The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

Perancis telah berulang kali memperingatkan, bahwa bukti penggunaan senjata kimia di Suriah adalah “garis merah” yang akan mendorong Prancis menyerang pasukan rezim Suriah.

Terpisah Trump mengatakan hari Senin (9/4) bahwa pihaknya memiliki banyak pilihan militer dan kami akan membiarkan Anda tahu segera … mungkin setelah fakta”.

Pemimpin AS didesak untuk memberikan responnya terhadap serangan itu segera, dengan sumber-sumber melaporkan bahwa aksi militer mungkin terjadi. Trump diperkirakan akan menuntut Prancis dan Inggris bergabung dengan pasukan AS dalam aksi militer apa pun yang diputuskan.

Pada April tahun lalu, Trump meluncurkan serangan rudal jelajah terhadap pangkalan udara Suriah dalam waktu 72 jam dari serangan kimia yang kemudian dilakukan monitor oleh PBB pada rezim Assad.

Dewan Keamanan PBB, berkumpul di New York, diperkirakan akan melakukan pemungutan suara pada Selasa ini atas proposal AS dan Rusia untuk menyelidiki serangan kimia di Suriah, sementara Rusia diperkirakan akan mem-veto setiap penyelidikan yang diajukan oleh AS.

Moskow mengecam klaim itu sebagai “rekayasa”, dengan utusan PBBnya memperingatkan Senin kemungkinan aksi militer “sangat, sangat berbahaya”.

Menyusul pernyataan Perancis dan AS, Inggris berada di bawah tekanan untuk mengeluarkan putusan mengenai potensi aksi militer sebagai tanggapan terhadap serangan kimia.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan hari Senin (9/4) bahwa rezim Suriah “harus dimintai pertanggungjawaban” jika dan pendukungnya bertanggung jawab atas serangan itu.

“Jika dipastikan ini adalah contoh lain dari kebrutalan rezim Assad dan kurang ajar orang-orangnya sendiri dan kewajiban hukumnya untuk tidak menggunakan senjata-senjata ini,” kata May kepada wartawan di Kopenhagen setelah pembicaraan dengan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen.

Jika mereka terbukti bertanggung jawab, rezim dan pendukungnya, termasuk Rusia, harus dimintai pertanggungjawaban.

“Inggris benar-benar mengutuk penggunaan senjata kimia dalam keadaan apa pun dan kami harus segera menetapkan apa yang terjadi pada hari Sabtu,” kata May.

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson berbicara kepada koleganya dari Perancis pada hari Senin (9/4) dan menyerukan “tanggapan internasional yang kuat dan kuat” menyusul dugaan serangan klorin.

Meskipun Johnson tidak secara eksplisit menanggapi tuduhan atas serangan itu, Inggris berbagi informasi intelijen yang sama dengan AS dan Perancis, yang menunjukkan secara konkret kepada rezim Suriah yang didukung oleh Rusia dan Iran sebagai pelakunya. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.