Presiden Azerbaijan dan Uzbekistan Apresiasi Kemenangan Pemilu Erdogan

Baku, MINA – Presiden Azerbaijan dan Uzbekistan mengucapkan selamat kepada Presiden Turkiye Recep Tayyip atas keberhasilan dalam pemilihan legislatif dan presiden pada hari Minggu kemarin.

Aliansi Rakyat, yang dipimpin oleh Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP), berhasil mengamankan jumlah mayoritas kursi di parlemen Turkiye setelah pemilu 14 Mei.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan melalui percakapan telepon, Anadolu Agency.

Di bawah kepemimpinan Erdogan, Turkiye telah mengalami kemajuan besar, kata Aliyev kepada Erdogan.

Rakyat Turkiye saudara kami telah menunjukkan kepercayaan mereka pada pemimpin mereka dalam pemilihan ini juga, imbuh dia.

Erdogan juga berterima kasih kepada Aliyev atas perhatian dan ucapan selamatnya.

Baca Juga:  Mulai Bergerak ke Rafah, Israel Usir Paksa Warga Palestina

Selama percakapan tersebut, para pemimpin sekali lagi menekankan bahwa persahabatan dan hubungan persaudaraan antara kedua negara bersifat permanen dan tak tergoyahkan.

Sementara itu, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev juga memberikan selamat kepada Erdogan atas keberhasilan dalam pemilihan presiden dan anggota parlemen.

Dalam pembicaraan via telepon, Mirziyoyev mengatakan hasil pemilu menunjukkan dukungan luas dari saudara-saudari Turki untuk perubahan politik dan reformasi ekonomi di bawah kepemimpinan Presiden Erdogan.

Para pemimpin juga membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kemitraan strategis yang luas antara kedua negara dan pengembangan lebih lanjut dari kerja sama multilateral, dan juga meninjau masalah-masalah yang berkaitan dengan persiapan pertemuan Dewan Kemitraan Strategis Tingkat Tinggi berikutnya.

Baca Juga:  Misi Dagang UEA di Indonesia Gali Potensi Peningkatan Perdagangan Non-Minyak

Menurut hasil tidak resmi, Partai AK mengumpulkan 35 persen suara, sementara MHP memperoleh lebih dari 10 persen, dan Partai Kesejahteraan Baru (Yeniden Refah), yang bergabung dengan aliansi baru-baru ini, mendapat hampir 3 persen suara.

Kubu oposisi Aliansi Bangsa, juga memperoleh 35 persen dari semua suara, mendapatkan 213 kursi di parlemen, sementara blok oposisi lainnya, Aliansi Buruh dan Kebebasan, mendapatkan lebih dari 10,5 persen suara dan mengamankan 66 kursi di parlemen.

Penghitungan suara hingga Senin siang masih berlanjut. (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.