Presiden dan Jenderal Zimbabwe Bertemu di Istana Negara

Pertemuan tertutup Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dengan Jenderal Constantino Guveya Chiwenga dan Utusan Khusus Presiden Afrika Selatan di Istana Negara di Harare, Kamis, 16 November 2017. (Foto: ZimbPress)

Harare, MINA – Presiden Robert Mugabe bertemu dengan Panglima Angkatan Pertahanan Zimbabwe (ZDF) Jenderal Constantino Guveya Chiwenga di Istana Negara di Harare.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh utusan Afrika Selatan yang terdiri dari Menteri Pertahanan Nosiviwe Mapisa-Nqakula dan Menteri Keamanan Negara Bongani Bongo.

Hadir pula Pastor Katolik Roma Fidelis Mukonori, Menteri Pertahanan Zimbabwe Sydney Sekeramayi, Menteri Keamanan Negara Kembo Mohadi, Wakil Marsekal Udara Elson Moyo, Sekretaris Tetap untuk Informasi, Media dan Layanan Penyiaran George Charamba.

Namun, rincian hal yang dibahas tidak dapat diketahui karena pertemuan berlangsung tertutup dan semua tokoh yang terlibat tidak mau berbicara kepada media. Demikian The Herald memberitakannya yang dikutip MINA.

Sebelumnya pada Rabu (15/11), ZDF mengumumkan bahwa mereka telah mengambil tindakan untuk menenangkan situasi politik, sosial dan ekonomi yang merosot di negara tersebut.

Pejabat militer mengatakan, jika dibiarkan akan mengakibatkan konflik kekerasan.

ZDF pun menegaskan bahwa pengambilalihan kontrol ibu kota Harare bukanlah tindakan kudeta, tetapi untuk mengamankan Presiden Mugabe dari orang-orang jahat di sekitarnya. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)