Presiden Joko Widodo Direncanakan Buka Pospenas 2016

Serang, 21 Muharram 1438/22 Oktober 2016 (MINA) – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren () Tahun 2016 ke-VII sekaligus puncak peringatan Nasional Tahun 2016 yang diselenggarakan di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Sabtu (22/10), direncanakan akan dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pontren Mohsen mengatakan, persiapan teknis kegiatan pembukaan dinilai berjalan baik dengan melakukan koordinasi intensif dengan stakeholders, di antaranya dengan Pemerintah Provinsi Banteng yang menjadi tuan rumah.

“Seluruh persiapan pembukaan Pospenas sudah 90 persen lebih, dan nanti sore rapat teknis seluruh panitia untuk persiapan pembukaan,” ujar Mohsen dalam keterangan pers yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dikatakannya, pembukaan Pospenas yang akan dihadiri oleh kurang lebih 10.000 selain 4.000 peserta Pospenas, menjadi momentum penyerahan Mushaf Santri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada Presiden Jokow Widodo.

Sebagaimana kita ketahui, dalam rangka peringatan Hari Santri, Kemenag menggelar Penulisan Mushaf Al-Quran yang ditulis oleh 40.128 santri pondok pesantren dan dilakukan serentak di seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi di Indonesia.

“Pada momentum pembukaan Pospenas nanti, Bapak Menteri Agama akan menyerahkan Mushaf Santri yang telah di-tashih oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran kepada Presiden,” katanya.

Gelaran pembukaan Pospenas Tahun 2016 selain akan dibuka oleh Presiden, juga akan dimeriahkan sejumlah pagelaran di antaranya pagelaran kolosal peradaban Banten oleh ribuan santri. Sesuai jadwal, pembukaan akan berlangsung pukul 19.00 WIB. (T/ima/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.