Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Solidaritas untuk Rakyat Palestina

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo pada Senin (29/11) menyampaikan pesan solidaritas untuk rakyat Palestina dan menyerukan kepada dunia internasional untuk terus mendukung penyelesaian isu kawasan itu melalui visi solusi dua negara sejalan dengan parameter internasional dan resolusi-resolusi PBB yang berlaku.

“Hari ini tanggal 29 November bertepatan dengan momentum International Day of Solidarity with the Palestinian people, Presiden Republik Indonesia menyampaikan pesan solidaritas secara tertulis,” ujar Muhsin Syihab, Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam acara Peringatan Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina dan Penandatanganan MoU Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron MUI-Pemerintah Walikota Hebron di Jakarta, Senin (29/11).

Presiden Jokowi juga menyampaikan keprihatinan atas masih terjadinya pelanggaran terhadap hak-hak rakyat Palestina oleh Israel apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Isu kemanusiaan yang dihadapi oleh bangsa Palestina senantiasa mendapat perhatian serius dari Pemerintah Republik Indonesia,” ujar Muhsin.

Dalam kaitan tersebut, lanjut Muhsin, pemerintah Indonesia telah menyiapkan hibah dalam bentuk bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina untuk mengatasi dampak Covid-19 dengan besaran lebih dari Rp. 33 miliar.

Di samping itu dalam rangka membantu mempersiapkan bangsa Palestina dalam menjemput kemerdekaannya, sejak tahun 2008 hingga 2020, Indonesia sekurang-kurangnya telah memberikan 177 program dan pelatihan capacity building yang dimanfaatkan oleh lebih dari dua ribu warga Palestina. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.