Presiden Jokowi Terima Kunjungan Wapres AS ke Indonesia

Photo: Kemlu

Jakarta, 23 Rajab 1438/20 April 2017 (MINA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard “Mike” Pence di Jakarta, Kamis (20/4).

Kunjungan ini merupakan kunjungan kali pertama Wapres Mike Pence ke kawasan Asia Tenggara setelah dilantik pada 20 Januari 2017. Demikian keterangan pers Kemlu RI memberitakan.

Selain ke , Wapres Mike Pence juga telah mengunjungi Korea Selatan, Jepang dan Australia. Indonesia juga merupakan negara berpenduduk Muslim pertama yang dikunjungi.

Dalam pertemuan, menyampaikan pentingnya meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan di berbagai bidang dan menekankan shared values – demokrasi dan kemajemukan – membuat banyak hal dapat dikerjasamakan dalam hubungan antara RI-AS.

Presiden Jokowi menekankan perlunya pengaturan untuk memberikan kerangka hukum yang lebih kuat bagi hubungan perdagangan dan investasi.

Pertemuan juga membahas berbagai situasi yang menjadi tantangan dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan global.

Presiden Joko Widodo menggarisbawahi kemitraan strategis yang membuka peluang bagi kedua negara bekerjasama mengatasi berbagai persoalan dunia saat ini.

“Penting bagi AS untuk terus menjalin hubungan yang kuat dengan ASEAN mengingat kontribusi penting ASEAN dalam menjaga perdamaian dan kemakmuran kawasan,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Wapres Mike Pence juga mengunjungi Masjid Istiqlal dan berdialog dengan para tokoh lintas agama tentang upaya memajukan dialog untuk memupuk toleransi dan moderasi Islam serta upaya bersama dalam pencegahan radikalisme.

Hubungan RI-AS berdasarkan kerangka Kemitraan Strategis yang disepakati dalam kunjungan Presiden RI ke AS pada 2015. AS merupakan mitra dagang RI terbesar ke-4. Pada 2016, nilai perdagangan bilateral RI-AS tercatat sebesar USD 23,4 Miliar. AS investor asing peringkat ke-7 di Indonesia dengan nilai investasi USD 1,16 milyar yang tersebar dalam 540 proyek. (T/R04/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.