Presiden Mesir Desak Dunia Internasional Hentikan Perang di Jalur Gaza

Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi (Foto: Iatimewa)

Kairo, MINA – Abdel Fattah Al-Sisi pada Rabu (1/11) malam mendesak dunia segera mengambil sikap untuk mewujudkan kemanusiaan di Jalur .

Al-Sisi menyampaikan hal itu melalui panggilan telepon dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, menurut pernyataan dari kepresidenan Mesir, yang dilaporkan Quds Press.

Dalam pernyataan itu pula, Kepresidenan Mesir selama panggilan telepon dengan Sunak, Sisi membahas perkembangan eskalasi militer Israel di Jalur Gaza.

Presiden Mesir menekankan perlunya komunitas internasional mengambil sikap tegas untuk secara serius mendorong gencatan senjata dan segera menerapkan gencatan senjata kemanusiaan, mengingat kondisi kemanusiaan yang memburuk di Gaza.

Dia mengungkapkan, Mesir melakukan upaya besar, baik di jalur politik untuk menenangkan situasi dan menghentikan pertumpahan darah, atau di tingkat kemanusiaan, dengan memimpin dalam mengoordinasikan dan memberikan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat Gaza.

Pada gilirannya, Sunak menegaskan posisi Inggris mengenai perlunya melindungi warga sipil, melaksanakan bantuan, dan mencapai gencatan senjata kemanusiaan, menurut pernyataan dari kepresidenan Mesir.

Sejak 7 Oktober, tentara pendudukan Israel telah melancarkan agresi terhadap Jalur Gaza, menyebabkan kehancuran besar-besaran, yang menyebabkan lebih dari 8.796 warga Palestina menjadi martir, termasuk 3.648 anak-anak, dan terluka. (T/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.