Presiden Mesir Bertemu Dengan Komandan Haftar dari Libya di Kairo

Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi menemui Komandan Libya Khalifa Haftar di Kairo, Ahad, 14 April 2019. (Foto: AP)

Kairo, MINA – Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi pada Ahad (14/4) bertemu dengan Komandan Khalifa Haftar dari Libya, yang pasukannya berjuang untuk menguasai ibu kota Tripoli.

“Presiden (Sisi) menegaskan dukungan Mesir dalam upaya memerangi terorisme dan milisi ekstrimis untuk mencapai keamanan dan stabilitas bagi warga negara Libya di seluruh negeri,” kata pernyataan Kepresidenan Mesir, demikian Al Arabiya melaporkan.

Diskusi mereka dilakukan secara tertutup yang membahas “perkembangan terbaru tentang situasi Libya.”

Pertempuran di dekat Tripoli telah menewaskan 121 orang dan melukai 561, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Ahad.

Haftar telah menentang seruan internasional untuk menghentikan pertempurannya melawan milisi yang loyal kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional dukungan PBB yang berbasis di Tripoli.

Haftar mendukung pemerintahan paralel yang berbasis di kota Tobruk, timur Libya.

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry memperingatkan bahwa konflik tidak dapat diselesaikan secara militer.

Haftar yang diasingkan di Amerika Serikat selama dua dekade, kembali ke Libya pada 2011 ketika revolusi meletus. Ia memerintahkan pasukannya yang akhirnya menggulingkan penguasa Muammar Gaddafi. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)