Produk Indonesia Ramaikan Festival Pertama OKI di Mesir

Jakarta, MINA –  Produk kerajinan tangan dan makanan khas Indonesia ikut meramaikan (Organisasi Kerjasama Islam) Pertama, bertema “Satu Bangsa, Keanekaragaman Budaya, Palestina tetap dihati” atau  “One Nation, A Diversity of Cultures, Palestine in the Heart” di Kairo, Mesir, pada tanggal 5 – 9 Februari 2019.

Ratusan pengunjung festival yang merupakan warga Mesir memadati stan Indonesia untuk mencicipi kue-kue khas Indonesia seperti lumpia, pastel, bolu kukus, risoles, martabak manis, dan kue lumpur juga ditampilkan.

“Selain saling mengenalkan negara anggota OKI, acara ini merupakan wahana promosi budaya dan pariwisata Indonesia sekaligus memperkuat citra Indonesia di negara-negara OKI,” ujar KUAI (Kuasa Usaha Ad Interim) KBRI Cairo, Yubil Septian, seperti yang tertulis di laman resmi , Kamis (7/2).

Ia mengungkapkan, dari Indonesia juga dipentaskan tari Betawi. Tidak ketinggalan, baju tradisional Kalimantan pun ikut dipertunjukkan.

Selain Indonesia, juga terdapat 17 negara lainnya yang berpartisipasi dalam Festival ini, seperti Mesir, Palestina, Saudi Arabia, Azarbeijan, dan Aljazair.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan Mesir, Dr. Enas Abdel-Dayem mengatakan, acara ini merupakan cermin kekayaan budaya negara-negara anggota OKI.

“Selain itu, kami juga perlu terus menerus menekankan nilai-nilai mulia dalam Islam seperti toleransi, penolakan terhadap kekerasan, ekstrimisme dan terorisme”, ujar Dr. Enas, dalam sambutan pembukaannya di Cairo Opera House pada Selasa (5/2).

Selain menampilkan film dokumenter mengenai OKI, dalam pembukaan festival juga diselenggarakan penganugerahan penghargaan kepada lima tokoh terkenal dalam dunia Islam, seperti Dr. Nizar bin Obaid Madani, Menteri Luar Negeri Arab Saudi. (R/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.