Kemdikbud Luncurkan Program Digitalisasi Sekolah

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program dengan membagikan 1.142 komputer kepada sekolah-sekolah SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Natura, Provinsi Kepulauan Riau.

Pembagian tablet akan dilakukan pada Rabu (18/9) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effedy.

Tablet yang diberikan terdiri atas 508 buah untuk siswa SD, 303 buah untuk siswa SMP, 228 buah untuk siswa SMA, dan 103 buah untuk SMK.

“Tablet diberikan ke sekolah bukan untuk siswa, sebagai inventaris sekolah yang digunakan  siswa, jadi setelah mereka lulus, tablet wajib dikembalikan,” kata Mendikbud saat jumpa media di Perpustakaan Kemendikbud, Selasa (17/9).

Selain tablet, sarana pembelajaran TIK yang diberikan berupa PC, Laptop, LCD, Router, dan Eksternal Harddisk untuk sekolahan. Tablet dan sarana pembelajaran TIK disebar ke 38 yaitu 25 SD, 9 SMP, 3 SMA, dan 1 SMK .

Tablet ini telah dipasang aplikasi rumah belajar yang menyediakan delapan fitur utama, yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas maya.

Digitalisasi Sekolah merupakan implementasi dari new learning, yang disiapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Karakteristik new learning tersebut adalah student centered, multimedia, collaborative work, information exchange, dan critical thinking and informed decision making.

Adapun total anggaran untuk pembelian sarana pembelajaran TIK dan komputer tablet sebesar Rp 3,17 miliar.

“Dana tersebut diambilkan dari BOS Afirmasi dan BOS Kinerja. Tahun 2019 Kemendikbud telah menganggarkan bantuan sarana pembelajaran TIK dan tablet melalui BOS Kinerja untuk 6.004 sekolah dan 692.212 siswa. Sedangkan BOS Afirmasi untuk 30.277 sekolah dan 1.061.233 siswa,” tambahnya.

Selain program Digitalisasi Sekolah, Kemendikbud juga mencanangkan lima program lain. Program tersebut adalah percepatan pencairan Program Indonesia Pintar (PIP), Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), seTARA Daring dan E Modul Pendidikan Kesetaraan, serta laman Sahabat Keluarga, dan Bimbingan Calon Fasilitator (BCF) Pendidikan Keluarga dalam Jaringan. (L/R10/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.