Qatar Ingin Indonesia Tingkatkan Ekspor ke Negaranya

. Foto: Istimewa

Jakarta, MINA – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Komite Tetap Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Fachry Thaib mengatakan, Qatar sangat menginginkan Indonesia mengekspor barang ke Qatar, maka Indonesia akan meningkatkan ke negara tersebut.

Menurutnya, persoalan yang terjadi antara Qatar dengan beberapa negara Timur-Tengah sama sekali tidak mempengaruhi hubungan dengan Indonesia termasuk bidang ekspor dan impor.

“Mereka (Qatar) menginginkan kerjasama dengan Indonesia. Indonesia itu memproduksi banyak barang-barang yang mereka butuhkan,” kata Fachry kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Jakarta, Kamis (10/8).

Ia menambahkan, selama ini Indonesia dengan Qatar sudah memiliki kerjasama dalam hal ekspor impor, dan pasca adanya perseteruan yang menimpa Qatar ini Indonesia ingin meningkatkannya, terlebih pada tahun 2020 negara tersebut akan menggelar Piala Dunia Sepakbola (FIFA World Cup).

ApalagI di Qatar ada pembangunan stadion dan infrastruktur lain yang mendukung piala dunia, maka dari itu Indonesia juga mengincar ekspor bahan material bangunan.

Selain itu, lanjut Fachry, ada 10 item barang yang dibutuhkan Qatar, beberapa diantaranya adalah alat tulis, peralatan kantor, pakaian, furniture, dan lain-lain.

Ia menjelaskan bahwa pada akhir Juli lalu, tim sudah bertemu dengan 73 perusahaan Indonesia yang sangat berminat untuk ekspor ke Qatar. Kadin Timur-Tengah dalam waktu dekat akan mengirim perwakilan ke Qatar untuk bertemu dengan para pengusaha di sana. (L/R08/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: habibi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.