Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Kuala Lumpur, MINA – Federasi Sepakbola Asia () telah mengumumkan sebagai tuan rumah untuk .

Qatar dipilih untuk menggelar turnamen sepakbola paling bergengsi di kawasan Benua Kuning tersebut.

“Komite Eksekutif Federasi Sepakbola Asia hari ini mengonfirmasi bahwa Qatar akan Piala Asia 2023,” ujar pernyataan resmi AFC, Rabu (19/10).

Dengan demikian Qatar akan menggelar dua turnamen besar dalam kurun waktu setahun, setelah yang pertama adalah Piala Dunia 2022 yang dimulai 21 November hingga 21 Desember. Rencananya Piala Asia 2023 berlangsung pada Januari 2024.

Qatar sendiri berstatus juara bertahan Piala Asia usai mengalahkan Jepang 3-1 pada final di Uni Emirat Arab tiga tahun lalu. Ini jadi kali ketiga negara kaya minyak tersebut menjadi tuan rumah Piala Asia setelah tahun 1998 dan 2011.

Sebelumnya, Qatar bersaing dengan Korea Selatan dan Indonesia untuk jadi tuan rumah pengganti China. China sendiri memilih mundur pada bulan Mei lalu terkait kebijakan penanganan pandemi Covid-19.

Sebab, China memberlakukan “zero-covid” alias begitu ada satu saja kasus positif muncul, maka dilakukan lockdown. China bahkan masih membatasi pergerakan orang-orang di negaranya dan melakukan tes covid secara masal.

Selain itu, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia mengucapkan selamat kepada Qatar yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 usai mengalahkan dua kandidat lain, Indonesia dan Korea Selatan.

PSSI menghadiri rapat komite eksekutif (Exco) AFC di Bukit Jalil, Malaysia. Dalam kesempatan ini, PSSI diwakili oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan, Wakil KeKetua Umum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita.

Sebelumnya, AFC mengucapkan selamat kepada Qatar seusai terpilih jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

“Atas nama AFC dan seluruh keluarga besar sepak bola Asia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) yang telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023,” kata Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al-Khalifa.

“Kami juga harus berterima kasih kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) yang telah menjelaskan niat mereka untuk menggelar turnamen,” imbuh Shaikh Salman.

Indonesia akan ikut berkompetisi pada gelaran Piala Asia 2023. Ini akan menjadi turnamen pertama timnas Indonesia di Piala Asia sejak 15 tahun terakhir. Kali terakhir timnas Indonesia bertanding di Piala Asia terjadi pada Piala Asia 2007 saat dilangsungkan di kandang sendiri. (R/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)