Rakornas Zakat 2019 Lahirkan 22 Resolusi

Surakarta, MINA – Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Zakat 2019 melahirkan 22 . Rakornas yang diikuti 650 peserta dari seluruh Indonesia ini berjalan lancar dan sukses. Ini menjadi penanda gerakan kebangkitan zakat secara nasional semakin membesar.

Hal itu disampaikan anggota senior Baznas Prof. Mundzier Suparta saat memimpin rapat paripurna bertema “Optimalisasi Pengelolaan Zakat untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Meningkatkan Kesejahteraan Menuju Indonesia Pusat Ekonomi Islam Dunia” di Hotel Sunan, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (6/3).

“Alhamdulillah, Rakornas Zakat 2019 berlangsung lancar dan sukses hingga melahirkan 22 resolusi. Dengan rahmat Allah, para peserta Rapat Kerja Nasional Zakat 2019 berkomitmen sungguh-sungguh menjalankan tugas pengelolaan zakat dengan melaksanakan resolusi tersebut demi menyukseskan pembangunan, terutama pengentasan kemiskinan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Munzier yang juga mantan Irjen Kementerian Agama itu menyerahkan resolusi kepada pimpinan Baznas. Resolusi juga diserahkan kepada perwakilan Baznas daerah dan salah satu perwakilan LAZ.

Mundzier mengungkapkan, ada beberapa hal yang diputuskan rakornas antara lain, Baznas pusat, Baznas provinsi, Baznas kabupaten dan lembaga amil zakat (LAZ), baik secara kelembagaan maupun individu wajib menjaga netralitas, tidak berafiliasi dengan partai politik dan tidak mengikuti kegiatan-kegiatan politik praktis.

Sementara itu, Sekretaris Baznas yang juga Ketua Umum Panitia Rakornas Zakat 2019, Jaja Jaelani menyampikan terima kasih dan mengapresiasi kerja keras panitia dan para anggota, direksi dan amil-amilat BAZNAS atas kesuksesan perhelatan akbar dan penting ini.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi kerja keras Panitia Rakornas Zakat 2019 dan peran penting tuan rumah Kota Surakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Alhamdulillah, Wakil Presiden RI Pak Jusuf Kalla berkenan membuka dan memberi arahan penting untuk kebangkitan zakat nasional,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada Wali Kota dan Pemerintah Kora Surakarta, Gubernur dan Pemprov Jateng, Kapolda Jateng, Pangdam Diponegoro serta masyarakat Surakarta dan Jawa Tengah yang turut mendukung penyelenggaraan Rakornas Zakat.

“Terima kasih juga untuk para narasumber atas masukan berharga maupun kritikan, sekalipun semata-mata untuk perbaikan dan kemajuan Baznas seperti Menteri PPN Bapak Prof. Bambang Brodjonegoro, Wakil Menteri Keuangan Bapak Mardiasmo, Dirjen Dukcapil Kemendagri, dan pimpinan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dan para sponsor,” katanya. (T/R06/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.