Rakyat Kashmir Mogok Massal Protes Dibunuhnya Komandan LeT

Seorang demonstran melempar balik cangkang gas air mata ke arah polisi selama protes di , . (Foto: AP)

Srinagar, MINA – Rakyat Muslim Kashmir di berbagai wilayah melakukan mogok massal hari Rabu (2/8) sebagai bentuk protes terhadap dibunuhnya Komandan Lashkar-e-Toiba (LeT) dan warga sipil di distrik Pulwama.

Semua perusahaan komersial, sekolah, perguruan tinggi dan institusi swasta tutup saat transportasi di luar tetap berjalan. Demikian Greater Kashmir memberitakan yang dikutip MINA.

Pemogokan tersebut dipimpin oleh Pemimpin Perlawanan Bersama (JRL) Kashmir yang terdiri dari Syed Ali Geelani, Mirwaiz Umar Farooq dan Muhammad Yasin Malik.

Sementara itu, pemerintah telah memberlakukan pembatasan ketat di daerah Rainawari, Mahraj Gunj, Nowhatta, Khanyar dan Safa Kadal di Srinagar, ibu kota Kashmir sebagai tindakan pencegahan dari upaya demonstrasi.

Baca Juga:  Laporan UHRP: Satu dari 26 Warga Uighur Dipenjara di Tiongkok

Sehari sebelumnya, Komandan Lashkar-e-Toiba bernama Abu Dujana dan rekannya Arif Lelhari tewas dalam baku tembak dengan pasukan pemerintah di Hadkipora, distrik Pulwama.

Dua warga sipil bernama Firdous Ahmed Khan dan Akeel Ahmed Bhat mengalami luka serius saat demonstrasi. Keduanya harus menyerah pada lukanya saat dibawa ke rumah sakit.

Betrokan para pemuda Kashmir dengan pasukan keamanan pecah di berbagai wilayah Kashmir hari Rabu hingga malam hari.

Kota Banihal di distrik Ramban juga mengalami pemogokan masal total untuk mengungkapkan solidaritas kepada orang-orang Kashmir.

Bentrokan di malam hari dilaporkan terjadi di Sadarbazar, kota Bijbehera, distrik Ananatnag. Seorang saksi mengatakan bahwa pemuda melempari pasukan pemerintah dengan batu.

Baca Juga:  Tokoh Kashmir Sebut PM Modi Sebarkan Kebencian untuk Kembali Berkuasa

Bentrokan juga terjadi di daerah Arampora dan Sopore, distrik Baramulla setelah sejumlah pemuda muncul dan melempari pasukan pemerintah dengan batu.

Setahun terakhir, setiap ada anggota pejuang kemerdekaan Kashmir atau warga sipil yang tewas oleh polisi India, rakyat wilayah lembah subur itu selalu melakukan protes setelahnya yang berujung dengan bentrokan melawan polisi dan tentara. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.