Ramadhan, Bulan Dilipatgandakannya Pahala

Oleh : Sri Astuti, Wartawati Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency)

Bulan Suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat Muslim untuk berlomba-lomba meningkatkan ibadah. Ini karena Pada bulan Ramadan, nilai kebaikan dari setiap aktivitas yang bernilai ibadah menjadi lebih tinggi dari bulan-bulan lain. Amal kebaikan kita akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda.

Ada hadits yang menyebutkan berlipatnya pahala amalan di bulan Ramadhan dengan bilangan tertentu seperti hadits:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุธูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุดูŽู‡ู’ุฑ ุนูŽุธููŠู’ู… ุŒ ุดูŽู‡ู’ุฑูŒ ูููŠู’ู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉ ุฎูŽูŠู’ุฑ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ู ุดูŽู‡ู’ุฑ ุŒ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ููŽุฑููŠู’ุถูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽู‚ููŠูŽุงู…ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูู‡ู ุชูŽุทูŽูˆูู‘ุนู‹ุง ุŒ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽู‚ูŽุฑูŽู‘ุจูŽ ูููŠู’ู‡ู ุจูุฎูŽุตู’ู„ูŽุฉ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฎูŽูŠู’ุฑ ูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽู‘ู‰ ููŽุฑููŠู’ุถูŽุฉ ูููŠู’ู…ูŽุง ุณููˆูŽุงู‡ุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽู‘ู‰ ูููŠู’ู‡ู ููŽุฑููŠู’ุถูŽุฉ ูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽู‘ู‰ ุณูŽุจู’ุนููŠู’ู†ูŽ ููŽุฑููŠู’ุถูŽุฉู‹ ูููŠู’ู…ูŽุง ุณููˆูŽุงู‡

Artinya : โ€œWahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.โ€ (HR Al-Mahamili dan Ibnu Khuzaimah).

Untuk itu, pada Bulan Ramadhan yang mulia ini, dengan nikmat kesempatan yang Allah berikan untuk kita bisa kembali menjumpainya. Marilah jadikan juga sebagai kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah, menambah bilangan pahala.

Adapun amalan bernilai ibadah yang bisa kita dikerjakan untuk meningkatkan pahala di bulan Ramadhan di antaranya:

1. Gemar Bersedekah

Puasa juga mengajarkan kita tentang kepedulian terhadap sesama menjadi ajang untuk bisa memperbanyak sedekah. Terlebih masa pandemi memberi dampak yang membawa banyak saudara kita pada kondisi sulit. Bersedekah dengan menyisihkan uang atau berbagi makanan adalah amalan yang bisa kita lakukan di Bulan Ramadhan ini.

Meski di bulan-bulan lainya sedekah juga merupakan amalan yang berpahala dan menambah rizki, tapi bersedakah di Bulan Ramadhan adalah yang paling utama.

Dalam hadits dikatakan, yang artinya : “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.”ย (HR At-Turmudzi dari Anas).

Pada hadits lain disebutkan :

ู…ูŽู†ู’ ููŽุทูŽู‘ุฑูŽ ุตูŽุงุฆูู…ู‹ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ู‚ูุตู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑู ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง

Artinya : โ€œSiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.โ€ (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

2. Perbanyak Dzikir dan Doa

Salah satu cara untuk meraih keutamaan dan pahala di bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak doa dan dzikir di bulan Ramadhan. Setiap kita pasti tidak terlepas dari khilaf dan salah. Untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan, maka kita harus memperbanyak berdzikir. Sehingga Allah membukakan pintu ampunan-Nya dan memberikan pahala yang besar. Sebagaimana firman-Nya:

ูˆูŽุงู„ุฐู‘ูŽุงูƒูุฑููŠู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง ูˆูŽุงู„ุฐู‘ูŽุงูƒูุฑูŽุงุชู ุฃูŽุนูŽุฏู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูŽุบู’ููุฑูŽุฉู‹ ูˆูŽุฃูŽุฌู’ุฑู‹ุง ุนูŽุธููŠู…ู‹ุง

Artinya : โ€œLaki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.โ€ (QS Al-Ahzab : 35).

3. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan termasuk ibadah yang paling utama dan juga salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, mengharap ridha-Nya, memperoleh keutamaan serta pahala-Nya.

Al-Quran sendiri pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di Bulan Ramadhan.

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ูŽ ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ยซ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุญูŽุฑู’ูู‹ุง ู…ูู†ู’ ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽู„ูŽู‡ู ุจูู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุจูุนูŽุดู’ุฑู ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ู„ุงูŽ ุฃูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู… ุญุฑู’ููŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ุฃูŽู„ูููŒ ุญูŽุฑู’ููŒ ูˆูŽู„ุงูŽู…ูŒ ุญูŽุฑู’ููŒ ูˆูŽู…ููŠู…ูŒ ุญูŽุฑู’ููŒ .

Artinya: Dari Abdullah bin Masโ€™udย radhiyallahu โ€˜anhuย berkata: โ€œRasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wasallamAbdullah bin Masโ€™udย radhiyallahu โ€˜anhuย berkata: โ€œRasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wasallamย bersabda: โ€œBarang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Quran) maka ia mendapatkan satu kebaikan. Sedangkan, satu kebaikan itu dibalas dengan 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan, โ€˜Alif lรขm mรฎmโ€™ satu huruf tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.โ€ (HR At-Tirmidzi).

Membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan ini dapat kita lakukan, baik secara individu (Tilawah) atau berkumpul dengan holaqoh di masjid-masjid (Tadarus).

Di dalam hadits disebutkan :

ู…ูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ูููŠู’ ุจูŽูŠู’ุชู ู…ูู†ู’ ุจูŽูŠููˆู’ุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุชู’ู„ููˆู’ู†ูŽ ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุงู„ู„ู‘ู‹ู‡ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽุฏูŽุงุฑูŽุณููˆู’ู†ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู… ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู†ูŽุฒูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู’ู†ูŽุฉู ูˆูŽุญูŽูู‘ูŽุชู’ู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุฉู ูˆูŽุบูŽุดููŠูŽุชู’ู‡ูู…ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ูู…ู ุงู„ู„ู‘ูู‡ ูููŠู’ู…ูŽู†ู’ ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู

Artinya : โ€œApabila suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) sambil membaca Al-Quran dan saling bertadarus bersama-sama, niscaya akan turun ketenangan atasย  mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan melindungi mereka dan Allah menyebut mereka kepada makhluk-makhluk yang ada di sisi-Nya.โ€ (HR Muslim).

4. Shalat Tarawih dan Shalat Malam

Amalan ini memiliki banyak keutamaan, di anataranya diampuninya dosa-dosa kita yang telah lalu, sebagaimana disebutkan dalam hadits:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

Artinya : “Barangsiapa yang sholat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

5. I’tikaf

I’tikaf merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wasallam, dan beliau sendiri selalu melakukannya di bulan Ramadhan. Seperti disebutkan di dalam hadits :

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’:- ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงูŽู„ู†ูŽู‘ุจููŠูŽู‘ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุนู’ุชูŽูƒููู ุงูŽู„ู’ุนูŽุดู’ุฑูŽ ุงูŽู„ู’ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑูŽ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ, ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽูˆูŽููŽู‘ุงู‡ู ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ู, ุซูู…ูŽู‘ ุงุนู’ุชูŽูƒูŽููŽ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู‡ู ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูู‡ู

Artinya : “Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beritikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau di wafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beritikaf setelah beliau wafat.” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikian beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk meraih pahala berlipat di bulan Ramadhan, masih banyak lagi diantara amalan-amalan lainya yang dapat kita lakukan.

Mari jadikan Ramadhan kali ini, kesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya serta ampunanan dari Allah dengan meningkatkan produktivitas amal ibadah kita.

Semoga Allah Kembali memberi kesempatan untuk kita berjumpa dengan Ramadhan selanjutnya, bulan dilipat gandakanya pahala amal kita. Aamiin. (A/R7/RS2).

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.