RAMADHAN KURANGI KEMISKINAN WARGA NIGERIA

aljazeeraLagos, 29 Sya’ban 1435/27 Juni 2014 (MINA) – Saat Ramadhan tiba di Nigeria, orang kaya, politisi dan pemerintah memberikan makanan, uang dan bantuan lainnya kepada ribuan umat Islam di daerah Afrika barat ini.

“Sekitar 84 pusat makanan telah didirikan di seluruh bagian negara untuk memastikan kelancaran kegiatan puasa di bulan Ramadhan ini,” kata Komisaris Urusan Agama bagian barat laut negara Sokoto Nigeria, Tukur Alkali. On Islam melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pemerintah telah mengumumkan untuk membantu masyarakat miskin supaya memudahkan mereka yang menjalankan ibadah puasa.

Alkali mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan sekitar N175m (N1, 093.750) untuk memberi makan orang miskin selama bulan suci Ramadhan.

Komisaris Urusan Agama Negara Yobe, Muhammad Jauro Gwio Kura mengatakan, telah menyiapkan dana dengan total N91 million untuk memenuhi kebutuhan warga yang kurang mampu serta para ulama selama bulan puasa ini.

Sebagian besar Muslim di dunia mencari hilal Ramadhan pada Jumat 27 Juni (29 Sya’ban). Pada bulan Ramadhan, umat Islam yang dewasa (baligh) menahan diri dari lapar dan haus serta seks antara fajar hingga matahari terbenam. Orang sakit dan mereka yang bepergian boleh tidak melakukan puasa.

Umat Muslim mengkhususkan waktu mereka selama bulan suci Ramadhan dengan lebih mendekatkan diri dengan Allah melalui doa, menahan diri dari hawa nafsu serta berbuat baik. (T/Fauziah/R2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0