Rektor IPMI Beri Apresiasi Keberhasilan IPB di Kancah Dunia

Jakarta, MINA – Rektor IPMI International Business School Prof. Aman Wirakartakusumah berikan apresiasi atas Keberhasilan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam meraih Top 100 dunia versi QS World University Ranking (WUR) by subject 2020.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada IPB, yang telah berhasil mengukir prestasi atas kerja keras dan kinerjanya selama ini untuk masyarakat dan publik secara akademik hingga masuk dalam top 60 University Dunia,” ujar Aman, demikian keterangan tertulis diterima MINA, Rabu (11/3).

Aman menegaskan, kebanggaan terbesar adalah ketika banyak perguruan tinggi terkenal dunia dalam konteks pertanian dan kehutanan ikut dalam nominasi tersebut, namun IPB berada di posisi yang lebih baik.

“Kemampuan ini tentunya harus menjadi pemicu, untuk lebih berprestasi dan meningkatkan jaringan internasional,” katanya.

Ia pun berharap, kedepan bagi guru besar dan Rektor IPB Periode 2002-2007 ini adalah para generasi muda. Mereka yang harus lebih menggali ilmu dan mengembangkan inovasi di dunia pertanian.

Selanjutnya, Amin juga berpesan kepada para mahasiswa yang baru masuk ke IPB agar tekun belajar “Kalian harus enjoy menyenangi dan bangga dengan kampus IPB karena, bidang-bidang ilmunya sangat luas membuat kita berpikir terbuka. Nantinya, kedepan masyarakat akan membutuhkan lulusan IPB untuk peningkatan kinerja pertanian,” katanya.

QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia yang menjadi rujukan utama. Seperti diketahui peringkat IPB University di bidang keilmuan Pertanian dan Kehutanan naik ke peringkat 59 berdasarkan QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry.

Sebelumnya, IPB University berada di peringkat 74 pada tahun lalu. Tahun ini, ada tiga bidang keilmuan di IPB University yang masuk dalam daftar pemeringkatan, yaitu Agriculture dan Forestry (51-100) tepatnya di posisi 59, Environmental Sciences (351-400) dan Biological Sciences (551-600). Selama lima tahun berturut-turut, IPB University selalu masuk dalam jajaran kampus top 100 dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry. (R/Hju/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)