Relawan Nusantara Gelar Pelatihan Dasar Cetak Pribadi Terampil Tangguh Tanggap

(Foto: Istimewa)

Bogor, MINA – tidak pernah berhenti membekali para relawannya dengan beragam keahlian guna mencetak yang mumpuni di bidang kebencanaan.

Kali ini, Relawan Nusantara mengadakan kegiatan Volunteer Basic Training (VBT) berupa dan pembinaan bagi para calon relawan dari berbagai cabang seperti Jakbar, Jaktim, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, dan Bandung (Jabodetabeksukban) di Gunung Bunder, Bogor pada Sabtu-Ahad pekan lalu, 8-9 Oktober 2022.

Dalam rilis diterima MINA, Kamis (13/10), sebanyak 29 peserta yang terdiri dari 21 peserta perempuan dan 8 peserta laki-laki dari delapan cabang turut mengikuti agenda ini.

Mengusung tema “Terampil-Tangguh-Tanggap,” kegiatan ini dirancang untuk pembentukan mental, karakter, mindset, dan pengetahuan tentang kerelawanan. Guna mencetak Relawan yang “Terampil”, para relawan dibekali pengetahuan tentang Management Volunteer yang dipaparkan oleh Koordinator Relawan Nusantara Jakbar, Sayid Efendy Wibiharso, Medical First Response yang dipaparkan oleh dr. Raden Adhy Kurniawan, dan Water Rescue yang dipaparkan oleh Komandan Badan Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Rizky Dwiyanto.

Kemudian “Tangguh”, sepanjang acara relawan selalu dilatih dan dibina secara fisik (jasmani), mental (rohani) dan mindset tentang seorang relawan yang selalu memegang komitmen dalam jiwa relawannya.

Serta “Tanggap”, dari seluruh rangkaian acara VBT 2022 ini diharapkan para relawan selalu tanggap dalam merespon situasi bencana maupun aksi-aksi sosial di cabang masing-masing.

Rangkaian kegiatan VBT dipenuhi dengan beragam pengetahuan di bidang kebencanaan.

Hari pertama VBT dimulai dengan pembekalan keterampilan bagi relawan melalui beragam materi serta uji ketangguhan melewati rintangan gladi tangguh.

Pada malam harinya, para relawan berkumpul mengelilingi api unggun sembari ber-silaturahmi. Puncaknya, pada sepertiga malam para relawan diuji secara mental dan rohani untuk muhasabah diri dengan mengikuti kegiatan jurit malam.

Sementara itu pada hari terakhir kegiatan VBT, para relawan diuji ketangguhan dan ketanggapannya dalam melewati halang dan rintang dengan longmarch melewati pemukiman warga, persawahan, hutan, dan sungai.

Tak hanya itu saja, sepanjang perjalanan longmarch para calon relawan melakukan aksi sosial dengan berbagi 200 kaleng kornet Superqurban kepada warga pra sejahtera di sekitar Gunung Bunder serta melakukan aksi penanaman pohon di kawasan hutan Gunung Bunder Bogor.

Acara ini pun mendapatkan respon positif dari para peserta.

“Terimakasih kepada para panitia yang sudah membimbing kami dan merancang acara dengan baik, acaranya sangat berkesan. Mohon maaf atas segala kesalahan yang kami buat. Semoga Allah membalas kebaikan dengan kebaikan yang lebih berlipat dan meng-istiqomahkan kita semua dalam segala kebaikan,” ungkap Nur Hasanah Sa’diah (21), Relawan Nusantara Asal Jakarta Timur dengan penuh haru usai resmi dilantik menjadi anggota Relawan Nusantara.

Ditemui usai acara, Efendy mengatakan, terima kasih kepada Rumah Zakat dan Relawan Nusantara yang telah mendukung acara VBT Jabodetabesukban 2022. Serta kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras merencanakan dan merealisasikan acara ini dan kepada seluruh peserta yang dengan penuh semangat dan percaya diri tinggi dalam mengikuti acara ini sampai akhir.

“Harapannya dengan tema ‘Terampil-Tangguh-Tanggap’ dapat tertanam dalam jiwa relawan peserta dan berkomitmen di cabangnya masing masing,” pungkasnya.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.