Relawan UAR untuk Kebakaran Tomang Dipulangkan Sementara

Jakarta, MINA – Tim relawan kemanusiaan () yang ditugaskan membantu membersihkan puing-puing sisa kebakaran besar di permukiman Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dipulangkan untuk sementara.

Pada Selasa (29/1) malam, Pembina UAR Jabodetabek Sakuri, secara resmi memulangkan seluruh relawan karena tugasnya dianggap telah selesai.

“Setelah ada assessment pendataan, kita lihat (puing-puing) sudah bersih, akhirnya UAR dipulangkan untuk sementara, sambil menunggu komando,” kata Sakuri di Masjid At-Taqwa Tomang saat menutup posko UAR di hadapan puluhan para relawan dan Ketua RW 11 beserta para RT-nya.

Ketua UAR Jabodetabek Wawan Amiruddin mengatakan, setelah koordinasi dengan masyarakat yang terkena musibah sudah selesai, para relawan dikembalikan ke tempat tinggal masing-masing.

“Awal perkiraan kami dua pekan, tapi setelah melihat di lapangan, ternyata sudah tuntas semua,” kata Wawan kepada MINA merujuk tim UAR yang mulai membantu sejak sepekan lalu.

Sementara itu, Ketua RW 11 Asril Subagyo menyatakan terima kasihnya atas bantuan dari tim yang sudah berpengalaman di berbagai daerah bencana alam tersebut.

“Setelah melihat sendiri Al-Fatah Rescue ini, benar-benar sangat membantu warga saya. Tanpa ada imbalan atau hal-hal komersil, mereka dengan suka rela membantu, berjibaku, mengangkut bekas kebakaran yang memang sangat banyak,” katanya kepada MINA usai acara penutupan.

Ia mengatakan, dirinya nanti akan menyarankan ke warga korban kebakaran, jika belum mendapat tukang untuk membangun kembali rumahnya, bisa diinformasikan kembali ke UAR.

Pada Senin 21 Januari lalu, kebakaran dini hari menghanguskan 165 rumah warga Kelurahan Tomang di tiga RW. Sebanyak 1.251 warga yang terdampak terpaksa mengungsi hingga kini. (L/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)