Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

RI Tegaskan Dukungan untuk UNRWA Soal Palestina

Widi Kusnadi Editor : Bahron Ansori - 4 menit yang lalu

4 menit yang lalu

2 Views

(Menlu RI) Retno Marsudi melaksanakan pertemuan bilateral dengan Komisioner Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini (foto: Kemlu RI)

New York, MINA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Komisioner Jenderal the United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugee in the Near East (UNRWA) Philippe Lazzarini Ahad (22/9) untuk membahas memburuknya situasi kemanusiaan di Palestina.

Pertemuan itu sekaligus memantapkan dukungan bantuan kemanusiaan dari Indonesia melalui UNRWA. Demikian laman resmi Kemlu RI melaporkan.

Dalam pertemuan tersebut, Lazzarini menyampaikan apresiasi kepada Indonesia karena selalu berada di garis depan dalam mendukung Palestina.

Selain itu, Lazzarini mengatakan, saat ini UNRWA tengah mengalami krisis finansial, karena banyak negara yang membekukan pendanaan serta adanya kampanye negatif di media yang menuduh UNRWA sebagai organisasi teroris.

Baca Juga: Komisioner UNRWA Curhat ke Menlu Retno, Banyak Negara Bekukan Bantuan

Lazzarini juga menambahkan bahwa hingga sekarang, lebih dari 250 pekerja dan staf kemanusiaan UNRWA telah tewas dan  2/3 gedung UNRWA mengalami kerusakan di Gaza.

Menanggapi hal itu, Menlu Retno menegaskan pentingnya pelindungan terhadap personel kemanusiaan dan komitmen penuh Pemerintah RI untuk terus memperkuat tugas UNRWA.

“Pagi ini saya hadir di pertemuan Core Group Menlu OKI untuk mendorong pemanfaatan Majelis Umum PBB untuk menggalang dukungan dalam upaya memperbaiki situasi di Palestina, termasuk melalui UNRWA”, ungkap Menlu Retno.

Sebagai bentuk komitmen dukungan terhadap UNRWA, Pemerintah Indonesia telah meningkatkan bantuan pendanaan untuk UNRWA tiga kali lipat pada 2023, dan melipatgandakannya lagi hingga USD 1,2 juta tahun ini. Selain itu, Indonesia mendorong pendanaan inovatif, termasuk kerja sama dengan Baznas, yang sejak November 2023 telah menyalurkan sekitar USD 3,3 juta untuk rakyat Palestina.

Baca Juga: Erdogan: Serangan Israel di Lebanon Upaya Sebarkan Perang

Indonesia merupakan bagian dari “Core Group of Friends of UNRWA” di PBB dan turut mendukung UNRWA Shared Commitment Initiative, dengan fokus memperkuat mandat UNRWA untuk masyarakat Palestina.[Ft]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Garda Revolusi Iran Tangkap 12 Orang Diduga Agen Israel

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Indonesia
Indonesia
Asia
Indonesia
Indonesia
Internasional
MINA Sport
Indonesia
MINA Sport