RI Terima Bantuan 12.200 Tablet Avigan dari Jepang untuk Penanganan Covid-19

Jakarta, MINA – Pemerintah Indonesia menerima bantuan 12.200 tablet Avigan Jepang untuk penanganan pasien yang terinfeksi coronavirus atau Covid-19.

Avigan adalah merek obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical Co.Ltd untuk mengobati pasien influenza yang juga disinyalir meringankan gejala COVID-19.

Dukungan tablet Avigan tersebut diserahkan oleh Pemerintah Jepang melalui UNOPS kepada KBRI Tokyo dan tiba di Jakarta dengan pesawat Garuda Indonesia pada Senin (18/5).

Pada Selasa (19/5) Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Desra Percaya, telah menyerahterimakan 12.200 butir Avigan kepada Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemkes RI Prof. dr. Abdul Kadir.

Acara serah terima juga dihadiri oleh Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, dan Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, BPOM, Dra. Rita Endang.

Selain dukungan tablet Avigan, selama ini Pemerintah Jepang juga telah inisiasi sejumlah program kerja sama bagi percepatan penanggulangan COVID-19 di Indonesia, antara lain senilai USD 11,5 juta via Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kedua negara telah sepakat untuk terus memperkuat kerja sama mengatasi Covid-19 sebagaimana ditegaskan pada pembicaraan pemimpin kedua belah pihak. (R/RE1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)