Bertemu PM Jepang, Wapres RI Bahas Kerja Sama Keuangan Syariah

Tokyo, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, di Istana Akasaka, Tokyo, Senin (26/9. Beberapa hal yang dibahas antara lain membahas kerja sama dan industri halal.

“Perhatian atas kerja sama keuangan syariah dan industri juga menjadi perhatian yang diungkapkan Wapres,” ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi usai mendampingi Wapres dalam pertemuan.

Wapres mendorong penguatan kerja sama potensial di bidang ekonomi syariah dan industri halal, khususnya sektor unggulan seperti makanan, kosmetika, fesyen, termasuk pariwisata dan kawasan industri halal.

“Indonesia siap menjadi mitra utama dalam pengembangan bisnis halal di Jepang, antara lain melalui penyusunan standar pariwisata ramah muslim pada destinasi wisata Jepang dan sertifikasi halal bagi produk Jepang,” tuturnya.

Selain itu, Wapres juga mengharapkan realisasi perluasan investasi dan investasi baru senilai 5,2 miliar Dolar Amerika Serikat (AS), penyelesaian proyek-proyek infrastruktur strategis, serta penyelesaian hambatan terhadap akses bagi ekspor produk pertanian dan perikanan Indonesia.

Terkait kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), Wapres menyampaikan apresiasi atas dukungan Jepang sebagai mitra pembangunan SDM Indonesia melalui pemberian beasiswa dan pelatihan teknis.

“Wapres berharap Jepang dapat terus mendukung upaya perluasan pengajaran Bahasa Jepang, pendidikan vokasi, dan penguatan masyarakat tanggap bencana,” ujar Masduki.

Sementara PM Jepang Fumio Kishida menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wapres di Tokyo untuk menghadiri prosesi penghormatan kenegaraan atas wafatnya Mantan PM Jepang Shinzo Abe. Selain itu, PM Kishida juga menyambut baik dan siap mendukung kepemimpinan Indonesia di G20.

“Hal ini merupakan peran strategis yang dijalankan Indonesia dan Jepang di level internasional. Jepang sangat concern dengan keamanan dan stabilitas wilayah di Asia-Pasifik,” ujarnya.

Pada 2023 Jepang akan dipercaya memegang Keketuaan G7 dan Indonesia memegang Keketuan ASEAN. PM Jepang mengharapkan kedua negara dapat saling mendukung dalam masing-masing forum tersebut.

“PM Jepang mengharapkan kiranya kepemimpinan negaranya dan Indonesia dapat berkontribusi pada tataran internasional dan regional. Untuk itu, PM akan memperkuat hubungan Jepang – ASEAN dan hubungan Jepang – Indonesia yang telah terjalin selama 60 tahun,” ujar Masduki. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.