Ribuan Pasukan Ethiopia Masuki Somalia

Pasukan Ethiopia. (Foto: dok. AA)

 

Addis Ababa, MINA – Pemerintah Ethiopia pada hari Jumat (3/11) mengatakan bahwa masuknya ribuan tentaranya ke Somalian adalah “gerakan pasukan rutin”.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ethiopia di Addis Ababa, Meles Alem, mengatakan kepada Anadolu Agency yang dikutip MINA, Ethiopia adalah kontributor militer utama di bawah pasukan penjaga perdamaian AMISOM Uni Afrika yang menargetkan kelompok bersenjata Al-Shabaab.

Meskipun tidak mengklaim tanggung jawab, Al-Shabaab dianggap bertanggung jawab atas bom truk 14 Oktober di Mogadishu yang menewaskan 358 orang.

Sehari sebelumnya, laporan media menyebutkan bahwa penduduk di kota-kota perbatasan Somalia mengatakan, sejumlah besar tentara Ethiopia telah menyeberang.

“Ethiopia akan terus memberikan dukungan serupa kepada pemerintah Somalia,” tambahnya, menolak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk jumlah tentara yang terlibat.

Pekan lalu, Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed berada di ibu kota Ethiopia, meminta lebih banyak pasukan untuk mendukung tentaranya dalam perang melawan Al-Shabaab. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)