Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Polisi Palestina

foto:Ma'an News Agency
foto:Ma’an News Agency

Nablus, 23 Rabi’ul Akhir 1437 / 2 Februari 2016 (MINA) – Ribuan warga Paletina pada Senin (1/2), mengambil bagian dalam prosesi pemakaman perwira polisi , Amjad Sukkari, yang ditembak mati oleh tentara Israel, saat ia menembak dan melukai tiga tentara Israel  di sebelah barat Ramallah.

Pelayat berbaris dari Rumah Sakit Rafidia ke Shuhada Square di kota Tepi Barat sebelah utara Nablus, meneriakkan slogan-slogan nasional Palestina. Selain itu mereka juga mengibarkan bendera Palestina dan poster foto Sukkari, begitu dilaporkan Ma’an News Agency dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jenazah  Sukkari  kemudian dibawa ke kampung halamannya di Jammaain selatan Nablus.

Gubernur Nablus, Akram Rajoub,  menghadiri  pemakaman bersama dengan para pejabat dari , PLO dan Perwakilan dari faksi Palestina. Ia menyampaikan pidato penghormatan terakhir di lokasi pemakaman.

Otoritas Palestina belum secara resmi mengomentari tindakan Sukkari. Meskipun para pejabat Hamas dan Jihad Islam telah memuji aksi itu sebagai penolakan dari koordinasi keamanan yang sedang berlangsung  dengan Israel.

Sukkari, staf sersan Otoritas Palestina di Nablus, ditembak mati setelah ia menembak dan melukai tiga tentara Israel di sebuah pos pemeriksaan militer Israel di dekat pemukiman ilegal Israel di Beit El luar Ramallah.

Saksi mengatakan kepada Ma’an bahwa Sukkari menembaki tentara saat mobilnya dihentikan di pos pemeriksaan.

Dari tiga terluka, dua berada dalam kondisi kritis, sementara satu terluka ringan, kata layanan darurat Israel. (T/nrz/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.