Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ribut Hari Wibowo Gantikan Ahmad Lutfi, Jabat Kapolda Jateng

Zaenal Muttaqin Editor : Arif Ramdan - Senin, 29 Juli 2024 - 17:37 WIB

Senin, 29 Juli 2024 - 17:37 WIB

29 Views

Acara kenaikan pangkat dan serah terima sejumlah Kapolda, termasuk Kapolda Jateng di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/7/2024). (Foto: humas.polri.go.id)

Jakarta, MINA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi melantik Irjen Pol Ribut Hari Wibowo sebagai Kapolda Jawa Tengah (Jateng), menggantikan Komjen Pol Ahmad Luthfi.

Pelantikan ini dilakukan dalam sebuah upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan di Rupattama Mabes Polri, Jakarta,  Senin (29/7).

Ribut Hari Wibowo, yang sebelumnya berpangkat Brigjen, kini naik pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen). Sementara itu, Ahmad Luthfi juga mengalami kenaikan pangkat dari Irjen menjadi Komisaris Jenderal (Komjen).

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa pada hari ini terdapat 17 perwira tinggi (pati) Polri yang menjalani upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Kamis Ini Mayoritas Berawan

“Hari ini ada dua acara serah terima jabatan pejabat utama (PJU) Kapolda dan korps rapor kenaikan pangkat pati. Untuk PJU, terdapat serah terima Kadiv Propam, serta pergantian Kapolda di Sumatra Utara, Bangka Belitung, Bali, Bengkulu, Kalimantan Utara, Maluku, dan satu pejabat utama yang dialihkan tugasnya sebagai staf ahli Kapolri,” jelas Dedi, seperti dikutip dari laman polri.go.id.

Mantan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi, juga mendapatkan kenaikan pangkat dari jenderal bintang dua (Irjen) menjadi jenderal bintang tiga (Komjen).

“Selain itu, ada tambahan enam korps rapor kenaikan pangkat dari Kombes ke pati atau bintang satu,” tambahnya.

Jabatan Kadiv Propam Polri yang sebelumnya dipegang oleh Komjen Pol Syahar Diantono kini diambil alih oleh Irjen Pol Abdul Karim.

Baca Juga: Anies: Mahasiswa Harus Berani Sampaikan Pendapat, Meski Lawan Arus

Sementara itu, Irjen Pol Suyudi Ario Seto kini menjabat sebagai Kapolda Banten menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati oleh Irjen Pol Abdul Karim.

Di Sumatra Utara, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto resmi menggantikan Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi sebagai Kapolda. Irjen Pol Hendro Pandowo ditunjuk sebagai Kapolda Bangka Belitung menggantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Pergantian juga terjadi di Maluku, di mana Irjen Pol Lotharia Latif digantikan oleh Irjen Pol Eddy Sumitro. Irjen Pol Hadi Gunawan kini menjabat sebagai Koorsahli.

Pergantian pimpinan juga terjadi di Jawa Tengah, dengan Irjen Pol Ribut Hari Wibowo menggantikan Komjen Pol Ahmad Luthfi yang mendapat penugasan baru di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

Di Bali, Irjen Pol Daniel Adityajaya menggantikan Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narenda sebagai Kapolda, sementara posisi Kapolda Kalimantan Utara kini dipegang oleh Irjen Pol Hary Sudwijanto. Terakhir, Kapolda Bengkulu kini dijabat oleh Irjen Pol Anwar, menggantikan Irjen Pol Armed Wijaya. []

Mi’raj News Agency (MINA) 

Baca Juga: Imbas Gempa Garut-Bandung, 14 Perjalanan Kereta Whoosh Dibatalkan

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health