Rohingya: Kanada Ingatkan Pentingnya Pendidikan Bagi Anak-Anak

Dhaka, MINA – Karina Gould, Menteri Pembangunan Internasional melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh AK Abdul Momen.

Gould menekankan pentingnya akses ke pendidikan berkualitas bagi .

Bangladesh saat ini menjadi rumah bagi sekitar 1,2 juta Muslim Rohingya yang melarikan diri dari operasi brutal militer di negara bagian Rakhine, Myanmar pada Agustus 2017.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (13/8), Gould juga memberi tahu Momen, Kanada telah mengalokasikan 288 juta dolar Kanada dalam tiga tahun ke depan untuk program yang terkait dengan masalah Rohingya.

Sementara itu, Momen sepakat dengan hal itu dengan menekankan, kurangnya pendidikan dan hak-hak lain untuk Rohingya dapat menyebabkan radikalisasi dan ekstremisme, sehingga krisis harus diselesaikan sesegera mungkin.

Ia juga menegaskan kembali usulan Bangladesh agar Badan Pengungsi PBB dapat merekrut guru dari Myanmar.

“Jika pendidikan dan kesehatan bagi warga Rohingya yang tersisa di Rakhine dapat dijamin oleh PBB dengan menginvestasikan lebih banyak sumber daya di sana, ini akan mendorong di Bangladesh untuk kembali ke tanah air mereka,” jelasnya.

Momen juga mengimbau Kanada untuk memberikan lebih banyak vaksin Covid-19 ke Bangladesh, khususnya untuk pengungsi Rohingya. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.