OH RUPIAHKU! YANG MASUK DALAM DAFTAR MATA UANG TERMURAH (TERLEMAH) DUNIA

Rupiah berada di urutan ke-4 dari 10 Mata Uang Terburuk (termurah) di Dunia
berada di urutan ke-4 dari 10 (termurah) di Dunia

OH INDONESIA TANAH AIRKU YANG MATA UANGNYA MASUK DALAM DAFTAR 10 UANG TERBURUK (TERMURAH) DI DUNIA

oleh Syarif Hidayat*

Uang merupakan alat yang sah sebagai pembayaran dalam melakukan transaksi jual beli dan setiap negara sudah pasti memiliki mata uang sendiri yang nilainya tidak sama antara mata uang satu Negara dan negara lain. Sampai saat ini PBB telah mengakui 180 mata uang yang berlaku secara internasional.

atau bisa dikatagorikan sebagai uang terburuk adalah mata uang suatu negara yang satuan nilai tukarnya berharga sangat rendah dibandingkan dengan mata uang negara lain atau bisa juga dibandingkan dengan jumlah barang tertentu yang dapat dibeli. Biasanya perhitungan nilai tukar didasarkan pada perhitungan kurs Euro (EUR), Poundsterling (GBP), atau (USD).

Dari sekian banyak mata uang tersebut, dolar Amerika masih menjadi patokan nilai tukar mata uang lainya. Walaupun ada mata uang yang lebih tinggi nilainya daripada Dolar AS, misalnya saja Euro yang digunakan oleh negara negara anggota Uni Eropa tetapi patokan nilai tukar mata uang tetaplah Dolar AS.

Ketika kita berbicara mengenai mata uang terburuk, ternyata Rupiah termasuk sebagai salah satu mata uang terburuk di dunia karena nila tukarnya yang terus merosot dengan posisi pada Jumat, 20 Maret 2015, Kurs Jual: 13265.00, Kurs Beli: 12965.00 dan Kurs Tengah: 13115.00. Menurun dari posisi 13 hari yang lalu pada Selasa, 3 Maret 2015, dengan Kurs Jual: 13120.00, Kurs Beli: 12820.00 dan Kurs Tengah:12970.00.

Majalah The Economist menyebutkan, bahwa masalah indonesia adalah infrastruktur yang jelek, pemerintahan yang birokratis dan korupsi yang menggurita. Kondisi inilah yang membuat nilai tukar rupiah sangat rendah terhadap dolar AS.

Februari 2o15, Rupiah Rata-Rata Melemah 1,38 Persen

Bank Indonesia mencatat pelemahan rupiah terhadap dolar AS pada Februari rata-rata 1,38 persen (mtm) berdasarkan kurs referensi perkembangan Nilai Tukar Dolar AS Antar Bank Jakarta (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate-Jisdor) Bank Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, terutama didorong oleh terus berlanjutnya penguatan dolar AS terhadap semua mata uang dunia. Selain itu, melemahnya mata uang Euro menyusul kebijakan Quantitative Easing (QE) Bank Sentral Eropa (ECB) semakin meningkatkan tekanan pelemahan mata uang emerging markets, termasuk Indonesia.

“Pada Februari 2015, secara rata-rata rupiah melemah 1,38 persen (mtm) ke level Rp 12.757 per dolar AS. Secara point to point rupiah terdepresiasi 1,99 persen dan ditutup di level Rp 12.925 per dolar AS,” jelas Tirta di Jakarta, Selasa (17/3).

Menurutnya, Bank Indonesia terus meningkatkan langkah stabilisasi nilai tukar Rupiah, termasuk intervensi di pasar valas maupun pembelian SBN di pasar sekunder. Tirta menegaskan, Bank Indonesia akan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai kondisi fundamentalnya.

Dari sisi inflasi, Indeks Harga Konsumen (IHK) mencatat deflasi sebesar 0,36 persen (mtm) atau 6,29 persen (yoy). Penurunan inflasi terutama terutama didorong deflasi pada komponen kelompok volatile food dan administered prices.
Sementara itu, inflasi inti menurun dari Januari sebesar 0,61 persen (mtm) menjadi 0,34 persen (mtm) atau 4,96 persen (yoy). “Penurunan tersebut ditopang oleh harga komoditas global yang menurun, permintaan domestik yang moderat, dan ekspektasi inflasi yang terjaga,” imbuhnya.

‘Penyakit’ Ekonomi Bikin Rupiah Terkapar

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Suharso Monoarfa menjelaskan, selain faktor eksternal yakni menguatnya dolar AS terhadap Rupiah dan mata uang lainnya, di dalam negeri terdapat sebuah ‘penyakit’ meradang yang melanda rupiah selama bertahun-tahun.

“Defisit transaksi berjalan kita saat ini bermasalah. Diperlukan sederet insentif pemerintah untuk mengendalikan pasar, dan itu yang saat ini tengah dinanti pasar,” jelas Suharso dalam diskusi bertajuk ‘Hanya Bisa Pasrah Dengan Tertekannya Rupiah?’ di Jakarta, Sabtu (14/3/2015).

Berbicaratentang faktor eksternal yang melemahkan rupiah, Suharso menjelaskan, itu akan mampu diatasi jika faktor fundamental di dalam negeri tidak bermasalah. Sayangnya, sejak orde baru, masalah defisit transaksi berjalan terjadi hampir di setiap pemerintahan termasuk saat ini di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Konstruksi atau struktur ekonomi Indonesia tidak menunjukkan perubahan signifikan. Ekspor yang lebih rendah dari impor terus memicu terjadinya defisit transaksi berjalan karena belanja konsumsi yang lebih besar,” terangnya.

Menurutnya, percuma jika menjadi negara menengah yang kuat tapi tak bisa memanfaatkan produksi di dalam negeri dan terus membeli dari negara lain. Artinya, saat terjadi gangguan dari luar, perekonomian Indonesia menjadi sangat rentan terhadap pelarian dana asing.

Dia menjelaskan, di era pemerintahan Soeharto terdapat kebijakan substitusi impor yang sayangnya tidak diterapkan hingga saat ini.
“Di zaman Soeharto, ada kebijakan subtitusi impor pada produk-produk yang rakus devisa. Lalu cari rising star untuk menutupi itu, tapi kebijakan ini tidak berlanjut,” ungkapnya.

1373422532
Kalau penurunan nilai tukar Rupiah ini dibiarkan berkelanjutan, maka tinggal masalah waktu untuk sampai pada posisi dimana sekarung atau setumpuk Rupiah hanya bisa ditukar dengan beberapa lembar Poundsterling Inggris atau Dolar AS saja.

Rupiah berada di urutan ke-4 dari 10 Mata Uang Terburuk (termurah) di Dunia

Nilai Tukar suatu Mata Uang atau biasanya disebut dengan Nilai Kurs pada dasarnya adalah tergantung pada prinsip Supply (Penawaran) dan Demand (Permintaan). Makin tinggi permintaannya, makin tinggi pula nilai tukarnya. Tetapi sebaliknya, penawaran yang lebih banyak dibandingkan dengan permintaan akan menyebabkan nilai tukar mata uang suatu Negara menjadi rendah, demikian menurut Ilmupengetahuan Umum.com.

Yang di maksud dengan Mata Uang terendah adalah Mata Uang suatu Negara yang satuannya berharga rendah dibandingkan dengan mata uang Negara lain ataupun jumlah barang tertentu yang dapat dibeli. Penyebab Nilai Tukar Mata Uang menjadi rendah diantaranya seperti Defisit Neraca Perdagangan, Suku Bunga yang rendah dan juga Hutang publik serta kondisi ekonomi dan politik suatu Negara. Nilai Tukar Mata Uang Terendah ini sering disebut juga dengan Mata Uang Termurah.

Sebelumnya, tepatnya pada tahun 2009, Nilai Mata Uang Terendah di Dunia ini adalah Dolar Zimbabwe, yaitu sebuah Negara di benua Afrika. Nilai tukarnya terhadap satu Dolar Amerika Serikat US$ adalah Z$300.000.000.000.000. Namun pada tanggal 12 April 2009, Pemerintah Zimbabwe secara resmi meninggalkan Dolar Zimbabwe dan menggunakan Mata Uang asing sebagai Mata Uang Transaksi di dalam Negaranya. Beberapa Mata Uang yang digunakan oleh Zimbabwe diantaranya seperti Rand Afrika Selatan, Bula Botswana, Rupee India, Poundsterling, Euro, Yuan dan Dolar Amerika Serikat.

Saat ini, nilai mata uang terendah di dunia adalah Rial Iran yang disingkat dengan IRR. Nilai Tukar Iran Rial terhadap 1 Dolar Amerika Serikat (USD) adalah 27.008 berdasarkan Yahoo Currency Converter pada tanggal 19 Desember 2014. Mata uang Republik Indonesia yaitu Rupiah juga termasuk dalam daftar 10 Mata uang terendah di dunia ini. Berdasarkan Yahoo Currency Converter, kita memerlukan Rp. 12.408 untuk mendapatkan US$1.

Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia beserta kode mata uang dan nilai tukarnya terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) dan Rupiah Indonesia (IDR). Nilai Tukar dibawah ini berdasarkan Yahoo Currency Converter pada tanggal 19 Desember 2014:

1. Rial Iran
Kode : IRR
Negara : Iran
Bank Sentral : Central Bank of the Islamic Republic of Iran
Benua : Asia
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) : 27.008 IRR
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp.1) : 2,17 IRR

2. Dong Vietnam
Kode : VND
Symbol : ₫
Negara : Vietnam
Bank Sentral : State Bank of Vietnam
Benua : Asia
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 21.275 VND
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 1,72 VND

3. Dobra Sao Tome
Kode : STD
Symbol : Db
Negara : Sao Tome and Principe
Bank Sentral : Central Bank of São Tomé and Príncipe
Benua : Afrika
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 20.036 STD
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 1,61 STD

4. Rupiah Indonesia
Kode : IDR
Symbol : Rp
Negara : Indonesia
Bank Sentral : Bank Indonesia
Benua : Asia
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 12.408 IDR

5. Ruble Belarus
Kode : BYR
Symbol : Br
Negara : Belarus
Bank Sentral : National Bank of the Republic of Belarus
Benua : Eropa
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 11.000 BYR
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,88 BYR

6. Kip Laos
Kode : LAK
Symbol : ₭
Negara : Laos
Bank Sentral : Bank of the Lao P.D.R.
Benua : Asia
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 8.081 LAK
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,65 LAK

7. Franc Guinea
Kode : GNF
Symbol : FG
Negara : Guinea
Bank Sentral : Central Bank of the Republic of Guinea
Benua : Afrika
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 7.025 GNF
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,56 GNF

8. Guarani Paraguay
Kode : PYG
Symbol : ₲
Negara : Paraguay
Bank Sentral : Banco Central del Paraguay
Benua : Amerika Selatan
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 4.626 PYG
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,37 PYG

9. Leone Sierra Leone
Kode : SLL
Symbol : Le
Negara : Sierra Leone
Bank Sentral : Bank of Sierra Leone
Benua : Afrika
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 4.268 SLL
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,34 SLL

10. Riel Kamboja
Kode : KHR
Symbol : ៛
Negara : Kamboja
Bank Sentral : National Bank of Cambodia
Benua : Asia
Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 4.052 KHR
Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,32 KHR

pounds1_2678299bDaftar 10 Mata Uang Tertinggi (termahal) di Dunia

Mata Uang Tertinggi (atau Termahal) adalah mata uang suatu Negara yang satuannya berharga tinggi jika dibandingkan dengan mata uang Negara lainnya. Saat ini, Mata Uang dengan nilai tertinggi atau di Dunia adalah Mata Uang Kuwait yaitu Dinar yang disingkat dengan kode KWD. 1 (KWD) sama dengan 3.53 Dollar Amerika Serikat (USD). Jika dibanding dengan Rupiah Indonesia, maka 1 Kuwaiti Dinar sama dengan 41.469 Rupiah (IDR).

Berikut ini adalah Daftar 10 Mata Uang dengan nilai Tertinggi di Dunia. Nilai Tukar Mata Uang yang dijadikan pembanding adalah Dolar Amerika Serikat (USD) dan Rupiah Indonesia (IDR). Nilai Tukar dibawah ini berdasarkan Yahoo Currency per tanggal 05 Agustus 2014.

1. DINAR KUWAIT
Kode : KWD
Negara : Kuwait
Benua : Asia (Timur Tengah)
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 3,5308
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 41.469

2. DINAR BAHRAIN
Kode : BHD
Negara : Bahrain
Benua : Asia (Timur Tengah)
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 2,6518
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 31.145

3. RIYAL OMAN
Kode : OMR
Negara : Oman
Benua : Asia (Timur Tengah)
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 2,5967
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 30.498

4. LAT LATVIA

Kode : LVL
Negara : Latvia
Benua : Eropa
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 1,9051
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 22.375

5. POUND STERLING INGGRIS
Kode : GBP
Negara : Inggris Raya
Benua : Eropa
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 1,6861
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 19.803

6. DINAR YORDANIA
Kode : JOD
Negara : Yordania
Benua : Asia (Timur Tengah)
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 1,4128
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 16.593

7. EURO EROPA

Kode : EUR
Negara : Uni Eropa
Benua : Eropa
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 1,3382
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 15.716

8. MANAT AZERBAIJAN
Kode : AZN
Negara : Azerbaijan
Benua : Asia
Nilai Tukar dengan Dolar AS : 1,275
Nilai Tukar dengan Rupiah : 14.975

9. DOLLAR CAYMAN ISLANDS

Kode : KYD
Negara : Kepulauan Cayman
Benua : Amerika
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 1,2195
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 14.323

10. FRANC SWISS

Kode : CHF
Negara : Swiss
Benua : Eropa
Nilai Tukar dengan Dolar AS : USD. 1,0994
Nilai Tukar dengan Rupiah : Rp. 12.912

(T/P3/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

SHD* Editor Senior Mi’raj Islamic News Agency (MINA) (Ia dapat dihubungi melalui email: [email protected] and [email protected])

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0