Rusia, Aljazair Adakan Pembicaraan Persatuan Palestina

Ramallah, MINA – Pemerintah Rusia dan Aljazair akan mengadakan  pembicaraan antar seluruh faksi-faksi Palestina untuk mewujudkan persatuan guna memperjuangkan kemerdekaannya.

Beberapa faksi Palestina telah menerima undangan dari Rusia dan Aljazair untuk mengadakan pertemuan antar faksi Palestina pada Januari ini dan Maret mendatang, MINA melaporkan dari keterangan resmi Hamas, Ahad (15/1).

Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyah menerima undangan guna mengirimkan delegasi tingkat tinggi dari gerakannya untuk terlibat dalam dialog nasional yang diumumkan presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune baru-baru ini.

Pemimpin Hamas menyambut baik undangan yang disampaikan Duta Besar Aljazair untuk Qatar. Hamas akan mengutus delegasi terdiri dari anggota Biro Politik Hamas Khalil Al-Hayya dan Husam Badran.

Delegasi senior Hamas akan berangkat ke Aljazair pekan ini.

Hamas juga telah menerima undangan dari Rusia untuk menghadiri pembicaraan tentang rekonsiliasi Palestina.

Dalam kunjungan terakhirnya ke Kairo Oktober lalu, Hamas menyampaikan kepada Mesir sebuah inisiatif untuk mencapai rekonsiliasi intra-Palestina tetapi belum menerima tanggapan apapun dari Fatah.

Mengenai pemilu Palestina, Anggota Biro Politik Hamas Abu Marzouq mengatakan, gerakannya memiliki dua syarat untuk berpartisipasi dalam proses ini: tidak membatalkan pemilu dengan jaminan akan diadakan sesuai rencana dan menggunakan UU Pemilu 2005 untuk mengawasi proses pemilu.

Abu Marzouq mencatat, Komisi Pemilihan Umum Pusat Palestina telah menyatakan tuntutan politik ini harus didiskusikan dengan Fatah.

Tentang meningkatnya aksi perlawanan terhadap pendudukan di Tepi Barat, Abu Marzouq menekankan rakyat Palestina harus meningkatkan perlawanan hingga mengakhiri pendudukan untuk menunjukkan gerakannya berkomitmen pada prinsip dan  posisi nasionalnya.

Anggota Politbiro Hamas itu menyatakan  akan melanjutkan perlawanan sambil menolak kesepakatan politik atau ekonomi dengan otoritas pendudukan Israel. (T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.