Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat Panen Pemukim Israel Serang Petani Zaitun di Tepi Barat

Arif Ramdan Editor : Ali Farkhan Tsani - 2 menit yang lalu

2 menit yang lalu

1 Views

Kebun Zaitun miliki warga Palestina dirusak pemukim Yahudi ilegal di Tepi Barat.

Tepi Barat, MINA –  Petani Zaitun di Tepi Barat, Palestina mulai memasuki musim panen pada Oktober ini hingga tiga bulan ke depan, namun para pemukim ilegal dan tentara Zionis Israel mengganggu para petani dengan cara menyerang, menembaki, dan merusak tanaman tersebut.

Para petani telah telah menjadi sasaran serangan dari gerombolan pemukim yang berada di bawah perlindungan penuh tentara penjajah Israel.

Serangan-serangan ini bervariasi mulai dari menembaki mereka, mencegah mereka mencapai tanah mereka, menebang pohon-pohon zaitun, mencuri hasil panen, dan serangan-serangan lainnya.

Quds Press melaporkan, para aktivis menghitung lebih dari 70 serangan, sejak awal Oktober hingga Sabtu malam (12 hari), di berbagai daerah di Tepi Barat yang diduduki, termasuk menghancurkan pohon-pohon zaitun, menyerang para petani dan mencegah mereka memetik buah.

Baca Juga: Puluhan Warga Syahid Saat Israel Bom Tenda Pengungsian

Serangan-serangan itu terkonsentrasi di daerah-daerah di sebelah timur Ramallah (tengah), selatan Nablus (utara), dan utara Salfit (utara).

Fouad Hassan, seorang aktivis anti-pemukiman, mengatakan bahwa mereka tidak dapat melacak dan menghitung serangan-serangan ini, karena frekuensi dan kebrutalannya.

Dia menunjukkan bahwa kota-kota seperti Qaryut, Qusra, Jalud, Duma pada khususnya, dan sebagian besar wilayah selatan Nablus pada umumnya, telah menjadi pusat serangan-serangan ini, terutama karena setidaknya ada 16 pemukiman dan 30 pos-pos yang bertengger di atas tanah Palestina di wilayah tersebut, dan para penghuninya termasuk pemukim yang paling keras dan paling ekstrim.

Hassan menyebutkan serangan terhadap para pemetik zaitun di tanah dekat pos pemukiman “Edish Kodesh” pada Sabtu (12/10) pagi, yang diulangi pada hari Ahad (13/10), di mana setidaknya seratus pemukim, beberapa di antaranya bersenjata, melancarkan serangan besar-besaran, memaksa penduduk untuk meninggalkan tempat itu dan berhenti melanjutkan proses panen.

Baca Juga: Warga Gaza Utara Pilih Bertahan saat Israel Intensifkan Serangan

“Kami tidak tahu apakah pemukim tetap berada di lokasi, mencuri hasil panen, atau membakar pepohonan. Kami tidak tahu apakah para pemukim tinggal di lokasi, mencuri hasil panen atau membakar pohon,” kata Hasan.

Tentara penjajah mendirikan pos pemeriksaan militer untuk memastikan bahwa para pemilik tanah tidak akan kembali.”

Gerombolan pemukim juga menebang puluhan pohon buah-buahan, yang berusia lebih dari empat puluh tahun atau lebih, dengan menggunakan gergaji listrik, dan dengan demikian, beberapa di antaranya benar-benar kehilangan sumber mata pencaharian mereka.

Menurut laporan ARIJ, pada tahun 2023, 8.814 pohon buah-buahan ditebang di Tepi Barat, termasuk 7.904 pohon zaitun (90 persen dari total jumlah pohon buah-buahan Palestina yang ditebang).

Baca Juga: WHO Akhirnya Dapat Kembali Jangkau Dua Rumah Sakit di Gaza Utara

ARIJ mencatat dalam sebuah laporan bahwa hasil rata-rata setiap pohon zaitun di wilayah Palestina adalah 16 kilogram, dan ketika menghitung total hasil pohon zaitun yang ditumbangkan selama periode tersebut, jumlahnya mencapai 126.464 kilogram.

Saat ini, harga satu kilogram buah zaitun sekitar empat dolar lebih, hal ini menghasilkan total kerugian finansial sekitar lima ratus tiga belas ribu dolar. Pohon-pohon yang ditebang ini juga mengakibatkan hilangnya karbon dioksida yang diserap dari atmosfer hingga 5,7 juta kilogram.

Tepi Barat diperkirakan menghasilkan sekitar 18.000 ton minyak pada musim ini, dimana 4-5.000 ton diekspor setiap tahunnya, sementara sisanya dikonsumsi secara lokal.

Jalur Gaza kehilangan sebagian besar produksinya pada tahun 2023-2024 karena perang, karena lebih dari 75 persen dari 1,3 juta pohon zaitun hancur. []

Baca Juga: PBB Ingatkan Situasi Kian Memburuk di Gaza Utara

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda