Kaltim Tuan Rumah MTQ Nasional September 2024

Dir Penais Ahmaz Zayadi (tengah) pimpin Rakor Persiapan MTQ Nasional, Rabu (24/4/24) di Jakarta. (Foto. Kemenag)

Jakarta, MINA – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional akan digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada September 2024.

Lokasi dan waktu penyelenggaraan disepakati dan ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Persiapan MTQ Nasional ke-30 di Jakarta, Rabu (24/4), demikian keterangan yang diterima MINA.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi mengatakan, MTQ Nasional tahun ini mengambil tema ‘Mewujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur’an untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara’.

“Kementerian Agama sebagai penanggung jawab akademik dari proses-proses ini, tentu punya komitmen untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ,” ucap Zayadi.

Menurutnya, Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional. Transformasi digital terus dilakukan, sejak dari pendaftaran melalui e-MTQ, penerapan e-Maqra, serta proses penilaian dengan menggunakan e-Scoring.

“MTQ Nasional ke-30 ini semangatnya adalah proses-proses yang berbasis digital, mulai dari pendaftaran melalui e-MTQ, pilihan maqra melalui e-Maqra, serta skoring peserta melalui aplikasi e-Scoring. Dengan demikian, akuntabilitas dan kualitas MTQ Nasional akan semakin baik,” jelasnya. []

Baca Juga:  Seminar Penguatan Guru di Jaksel Dukung Anti-Perundungan

Mi’raj News Agency (MINA)