Enam Kota di Sumatera Utara Jadi Penyelenggara PON 2024

Foto istimewa

Medan, MINA – Enam daerah di Sumatera Utara akan menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang akan berlangsung 5-19 September 2024 mendatang.

Provinsi Sumatera Utara bersama Provinsi Aceh akan menjadi bersama pelaksana PON XXI tahun 2024. Demikian keterangan tertulis diterima MINA,, Senin (26/12).

Gubernur Edy Rahmayadi menetapkan enam kabupaten/kota menjadi penyelenggara pertandingan cabang olahraga (cabor) , yakni Medan, Pematangsiantar, Binjai, Deli Serdang, Simalungun dan Serdang Bedagai.

Kota Medan menjadi penyelenggara pertandingan yaitu 19 venue antara lain renang, renang indah, loncat indah, polo air, biliar, binaraga, road bike, catur, drumband, dance sport, e-sport, golf, hoki dalam ruangan, hoki luar ruangan, senam, sepakbola putri, futsal, tinju dan tenis meja.

Sedangkan Deliserdang 12 venue yaitu atletik, barongsai, bermotor, boling, kriket, gateball, jujitsu, karate, pencak silat, skuas, taekwondo dan wushu.

Kemudian Serdang Bedagai 2 venue (berkuda dan voli pasir), Binjai 2 venue (gulat dan sambo), dan Simalungun 2 venue (ski air dan renang perairan terbuka). Selanjutnya Pematangsiantar 1 venue yaitu kick boxing.

“Ada 6 kabupaten/kota yang akan menjadi penyelenggara, ini terkait fasilitas baik untuk venue olahraga, akomodasi dan juga sarana transportasi termasuk aksesibilitas,” kata Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Pemprov Sumut akan membangun venue baru seperti stadion utama, bela diri, bola voli indoor dan stadion madya atletik. Selebihnya Pemprov Sumatera Utara akan merevitalisasi loka tanding yang sudah ada untuk memenuhi standar PON 2024.

Medan ibukota Provinsi Sumatera Utara pernah menjadi tuan rumah PON sebelumnya yakni PON III tahun 1953.  (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.