Arab Saudi Gandeng BAZNAS RI Salurkan 7.965 Paket Pangan untuk Indonesia

Pelepasan truk pembawa paket pangan Ramadhan kerja sama antar BAZNAS RI dan KSrelief di Jakarta, Selasa (5/3/2024).(Foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Kerajaan Arab Saudi melalui lembaga bantuan kemanusiaan yang didirikan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, King Salman Humanitarian Aid & Relief Centre () menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI untuk menyalurkan bantuan paket pangan sebanyak 7.965 untuk warga Indonesia.

Penyerahan dan pelepasan bantuan paket pangan Ramadhan tersebut dilaksanakan di Gedung , Jakarta, Selasa (5/3). Bantuan ini didanai oleh KSrelief.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam program bantuan paket pangan Ramadhan hasil kerja sama antara BAZNAS dan KSrelief.

“Saya sangat berbahagia atas terlaksananya acara yang diberkahi ini, yang diselenggarakan pada hari ini, beberapa hari menjelang memasuki bulan kebaikan dan rahmah, bulan suci Ramadhan yang penuh berkah,” katanya usai melepas bantuan paket pangan Ramadhan 1445H itu.

Sementara Ketua BAZNAS RI, Prof. Noor Achmad mengatakan, bantuan KSrelief sebanyak 7.965 paket untuk Ramadhan ini didistribusikan ke 36 kabupaten/kota di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kami bersama-sama dengan Kerajaan Arab Saudi melalui KSrelief, bersatu dalam semangat kepedulian dan kebersamaan untuk menggapai tangan mereka yang membutuhkan bantuan. Penyaluran bantuan ini merupakan program tahun ke-3 yang merupakan hasil kerja sama dengan KSrelief,” ujar Noor.

Menurutnya, distribusi bantuan paket pangan seberat 30,2 kg per paket menjadi bukti nyata dari semangat kemanusiaan yang tinggi, di mana lebih dari sekedar kata-kata, tapi melangkah ke tindakan nyata untuk meringankan beban masyarakat yang tengah dilanda kesulitan.

“Dengan menyebarkan paket-paket bantuan kepada 7.965 keluarga, kita tidak hanya memberikan makanan atau barang-barang pokok semata, tetapi kita juga memberikan harapan, cinta, dan kehangatan dalam setiap paketnya,” ujarnya.

Kiai Noor menegaskan, melalui kerja sama yang baik antara BAZNAS dan KSrelief, diharapkan makin banyak masyarakat yang dibantu, sebab masih banyak hati yang membutuhkan cinta, dan masih banyak keluarga yang membutuhkan bantuan.

“Dalam kesulitan itulah kita dapat menemukan kekuatan untuk bersatu dan berbagi. Kita dapat menjadi sinar harapan bagi mereka yang terpuruk dalam kesulitan, dan kita dapat menjadi tonggak kebaikan bagi mereka yang membutuhkan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, kerja sama yang terjalin antara BAZNAS dan KSrelief dalam menyediakan paket bantuan makanan menjadi langkah yang berarti dalam mendukung persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

“Paket bantuan yang diberikan ini tentu akan memberikan banyak manaat bagi umat Islam yang akan menyambut bulan Ramadhan, terutama bagi mereka yang kurang beruntung. Paket bantuan ini akan memberikan nilai yang tinggi kepada para penerima manfaat,” ujarnya.

Saiful Rahmat melanjutkan, Kemenag sangat mengapresiasi kerja sama antara BAZNAS dan KSrelief dalam merancang pelaksanaan program bantuan paket pangan Ramadhan dengan tujuan yang mulia.

“Semoga kerja sama tahun ke-3 ini dapat berlanjut melalui program lainnya. Program baik seperti ini dapat menjadi sebuah hal yang tepat bagi kita semua untuk meningkatkan kepedulian sosial kita dan semangat saling membantu,” katanya.(L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.