Satria Muda Pertamina Juara Kejuaraan Basket Piala Presiden

Solo, MINA –  Satria Muda Pertamina keluar sebagai juara Kejuaraan Bola Basket Piala Presiden 2019 serta berhak atas hadiah uang sebesar Rp 150 juta usai mengalahkan Amartha Hangtuan di partai final dengan skor 51-43, Ahad 24/11) di Gelanggang Olahraga Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah

Ketua Steering Committee Maruarar Sirait menyampaikan, kejuaraan ini diikuti sembilan   klub kontestan IBL 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi menutup kejuaraan itu .Turut hadir Gibran Rakabuming Raka dan Jan Ethes, Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih dan lain-lain.

Menpora  mengaku senang dan bangga penyelenggaraan Kejuaraan Bola Basket Piala Presiden tahun 2019 tanpa menggunakan dana APBN melainkan sepenuhnya dukungan sponsor dan pengelolaan dapat dipertanggungjawabkan.

“Terima kasih dan apresiasi kepada penyelenggara yang sukses menyelenggarakan kejuaraan tingkat nasional tanpa menggunakan anggaran APBN. Saya sampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, PB Perbasi dan IBL yang telah menyelenggarakan kejuaraan tanpa menggunakan uang negara,” kata Menpora.

“Ini luar biasa semuanya didukung oleh sponsor, meski demikian keuangan penyelenggaraan ini juga diaudit oleh PWC (Price Waterhouse Coopers) jadi mudah-mudahan kalau setiap pertandingan dan setiap kegiatan olahraga keuangannya transparan dan pengelolaannya bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Menpora menilai kepercayaan sponsor akan datang dengan sendirinya makin tahun akan nambah jika pengelolaan keuangan dilakukan dengan transparan. “Kan yang sulit bagi kita ini setiap ada kegiatan seperti ini selalu keuangannya sulit untuk dipertanggungjawabnya dan ini adalah contoh positif yang bisa diapresiasi,” kata Menpora.

“Terima kasih atas kehadiran pak Menpora, terima kasih para sponsor dan masyarakat Kota Solo semoga tahun berikutnya bisa kita selenggarakan kejuaraan ini dengan lebih besar lagi,” kata Maruarar. (R/LM/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)