Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Satu WNI Tawanan Abu Sayyaf Bebas

Nidiya Fitriyah - Rabu, 17 Agustus 2016 - 17:02 WIB

Rabu, 17 Agustus 2016 - 17:02 WIB

364 Views ㅤ

Jakarta, 14 Dzulqa’dah 1437/17 Agustus 2016 (MINA) – “Sejak pagi ini kami sudah mendapatkan informasi mengenai bebasnya 1 orang WNI ABK TB Charles a.n. Muhamad Sofyan yang disandera di Filipina Selatan,” jelas Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal.

Iqbal menjelskan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina. Pukul 13.00 hari ini Menlu RI, Retno LP Mrsudi sudah berkomunikasi dengan Menlu Filipina dan memperoleh konfirmasi mengenai bebasnya 1 orang sandera tersebut.

“Saat ini Muhammad Sofyan sudah berada di tangan Kepolisian Sulu,” katanya.

Saat ini Tim dari KBRI Manila dan KJRI Davao sudah menuju ke Zamboanga City guna menangani proses selanjutnya dan memastikan kondisi yang bersangkutan.

Baca Juga: MER-C Fasilitasi Keberangkatan 10 Santri Papua ke Pesantren Balekambang Jepara

Berdasarkan GMA News, Kantor Polisi Sulu mengatakan, Sofyan (28) ditemukan oleh penduduk setempat di garis pantai Barangay Bual, kota Luuk sekitar pukul 07.30.

Menurut sofyan, ia berhasil melarikan diri dari kelompok Abu Sayyaf yang telah mengancam akan memenggal kepalanya. Ia berhasil lolos di daerah mangrove, Barangay Bual dan Bato Itum.

Diberitakan sebelumnya, terdapat 11 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf. Penyanderan pertama terjadi kepada tujuh orang WNI di perairan Sulu, Filipina, Senin (20/6). Penyanderaan kedua, tiga WNI menyusul ditawan Abu Sayyaf di perairan Felda Sahabat, Tungku, Lahad Datu Sabah, Negara Bagian Malaysia, Sabtu (9/7).

Penyanderaan terakhir, seorang kapten kapal nelayan asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, bernama Herman Mango (30) diculik di wilayah Kinabatangan, Sabah, Malaysia, berdekatan dengan wilayah perbatasan laut Filipina. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (3/8).(L/P008/R04/R02)

Baca Juga: Berkunjung ke UEA, Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Haji 1445 H
Indonesia
Menlu RI Retno Marsudi Terima Kunjungan Delegasi Biro Komite Palestina PBB. (foto: Infomed Kemlu RI)
Indonesia
Kolom
Khutbah Jumat
Internasional
MINA Sport