Saudi Angkat Dubes Wanita Pertama untuk AS

Jeddah, MINA – Arab Saudi pada Sabtu, 24 Februari, mengangkat binti Bandar bin Sultan, sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat.

Reema yang ditetapkan dengan pangkat setingkat menteri berdasarkan keputusan Kerajaan, merupakan wanita Saudi pertama yang menerima penugasan diplomatik penting ini. Saudi Gazette melaporkan.

Pada tahun 2016, Reema diangkat sebagai Wakil Kepala Divisi Wanita di Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi.

Setahun kemudian, ia menjadi Presiden Federasi Saudi untuk Olahraga Komunitas, menjadikannya wanita pertama yang memimpin federasi yang mencakup kegiatan olahraga untuk pria dan wanita.

Sebelum diangkat sebagai Dubes , ia adalah Wakil Presiden untuk Pengembangan dan Perencanaan di Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi.

Dia juga bekerja sebagai penasihat di kantor Putra Mahkota.

Lulusan Universitas George Washington itu aktif di sektor publik dan swasta Arab Saudi, serta bekerja untuk pemberdayaan perempuan.

Pada tahun 2013, ia mendirikan Alf Khair, sebuah perusahaan sosial dengan misi untuk memberikan akses ke peluang bagi wanita Saudi dengan menawarkan bimbingan dan manajemen profesional.

Dia juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran akan kanker payudara di Arab Saudi, di mana dia bersama-sama mendirikan Asosiasi Kesadaran Kanker Payudara Zahra, serta mengorganisir pita merah muda manusia terbesar di dunia pada 2010, yang tercatat dalam Guinness World Records.

Reema dinobatkan dalam Most Fast People’s Business People in Business pada tahun 2014, dan juga masuk dalam daftar 200 Wanita Arab Paling Berkuasa di Forbes Middle East 2014. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.