Saudi dan Sekutunya Janji Ambil Tindakan Politik, Ekonomi dan Hukum kepada Qatar

Ilustrasi: Detikcom/Luthfi Syahban)

Kairo, 13 Syawwal 1438/7 Juli 2017 (MINA) – Arab Saudi dan sekutunya Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain serta Mesir berjanji akan mengambil tindakan politik, ekonomi dan hukum, setelah menolak memenuhi daftar 13 tuntutan yang diajukan oleh keempat negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan bersama yang dirilis pada hari Kamis (6/7/2017), grup pimpinan Arab Saudi juga menyalahkan Qatar karena dianggap terus berusaha untuk menyabotase dan merusak keamanan dan stabilitas di kawasan Teluk.

“Semua tindakan politik, ekonomi dan hukum akan diambil dengan cara dan di waktu yang dianggap tepat untuk mempertahankan hak, keamanan dan stabilitas empat negara,” kata pernyataan tersebut. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pada hari Senin, pemerintah Qatar menyampaikan tanggapannya terhadap daftar tuntutan dari Arab Saudi dan tiga negara Arab lainnya.

Keempat negara itu sejak 5 Juni memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar serta memberlakukan embargo darat, udara dan laut.

Qatar telah dituding mensponsori kelompok teroris yang berperang dalam konflik Timur Tengah. Namun, tudingan itu dibantah keras oleh pemerintah Doha.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengatakan bahwa negaranya akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk melindungi rakyatnya. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.