SAUDI DAN UEA TINGKATKAN BANTUAN KEMANUSIAAN KE YAMAN

Relawan dan pejuang anti-Houthi mengangkut dus-dus bantuan dari pesawat militer Arab Saudi di bandara Aden, Jumat 24 Juli 2015. (Foto: Reuters)
Relawan dan pejuang anti-Houthi mengangkut dus-dus bantuan dari pesawat militer Arab Saudi di bandara Aden, Jumat 24 Juli 2015. (Foto: Reuters)

Riyadh, 9 Syawal 1436/25 Juli 2015 (MINA) – Arab Saudi dan UEA telah meningkatkan pengiriman bantuan ke Yaman dengan masing-masing satu pesawat yang mendarat di bandara Aden, Jumat (24/7).

“Sebuah pesawat yang membawa pasokan bantuan mendarat di bandara Aden hari Jumat,” kata juru bicara koalisi negara Arab, Mayjen Ahmed Al-Assiri, Jumat.

“Aden lebih aman dari sebelumnya dan dibuka kembali bandara internasional, ini merupakan langkah positif. Bandara membutuhkan banyak perbaikan dan rehabilitasi akibat dari pemboman hebat oleh militan Houthi,” ujarnya, Arab News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pesawat Arab Saudi yang tiba di tengah hari juga membawa obat-obatan untuk pasien kanker.

Baca Juga:  Banjir Kembali Melanda Afghanistan, 50 Orang Tewas

Rafat Al-Sabbagh, juru bicara King Salman Center bidang Pertolongan dan Bantuan Kemanusiaan untuk Yaman, mengatakan, pesawat kargo milik Royal Saudi Air Force tiba di Aden dengan 12 ton obat-obatan.

“Konvoi Angkatan Laut yang membawa bantuan kemanusiaan juga sudah tiba di pelabuhan Aden,” kata Direktur King Salman Center, Abdullah Al-Rabiah.

Pesawat Emirat juga mengangkut obat-obatan dari Palang Merah dan UEA untuk didistribusikan ke para pasien.

Pesawat Emirat adalah pesawat pertama yang mendarat di bandara Aden sejak pasukan anti-Houthi mengambil alih bandara.

Aden yang sebelumnya menjadi pusat pertempuran darat antara pasukan pemberontak Houthi dengan pasukan loyalis pemerintah, telah mengalami kekurangan makanan, obat-obatan dan bahan bakar yang parah.

Baca Juga:  Banjir Kembali Melanda Afghanistan, 50 Orang Tewas

Kerajaan Arab Saudi berada di garis depan dalam hal bantuan militer dan bantuan kemanusiaan untuk Yaman dan negara-negara lain di kawasan.

Arab Saudi telah mengumumkan $ 274 juta bantuan kemanusiaan untuk bangsa Semenanjung Arab itu pada bulan April lalu.

Sementara itu, serangan udara terbaru koalisi pimpinan Arab Saudi masih membom sasaran di berbagai wilayah Yaman, termasuk ibukota Sanaa pada Jumat, menurut sumber-sumber keamanan.

Mereka membom beberapa distrik di Aden, serta di provinsi Marib, Shabwa, Abyan, Taiz dan Amran, tempat pasukan Houthi dan sekutunya berada. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0