Saudi Mulai Puasa Ramadhan 1437 Pada Senin 6 Juni

Jeddah, 1 1437/6 Juni 2016 (MINA) – Arab memulai bulan puasa Ramadhan 1437 Hijriyyah pada hari Senin 6 Juni 2016 menyusul laporan penampakan bulan di banyak bagian dari wilayah Kerajaan, demikian Mahkamah Agung mengumumkan  Ahad malam.

“Berdasarkan beberapa laporan dari saksi bijaksana di bagian=bagian yang berbeda dari negara, mereka melihat dengan mata telanjang hilal baru bulan Ramadhan saat matahari terbenam pada hari Ahad.”

“Maka sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad (saw) bahwa umat Islam wajib untuk memulai puasa dan berbuka puasa saat melihat bulan baru, Mahkamah Agung, dalam sidang luar biasa malam ini dan setelah dikumpulkan bukti cukup dari penampakan bulan, memutuskan bahwa besok (Senin) akan menjadi hari pertama puasa bulan Ramadhan 1437, ” kata mahkamah dalam sebuah pernyataan  yang diterima Saudi Press Agency Ahad malam.

“Pada kesempatan ini, Mahkamah Agung mengucapkan selamat bagi Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Putra Mahkota dan Wakil Mahkota, pemerintah dan rakyat Kerajaan Arab Saudi serta ekspatriat Muslim dan seluruh dunia Islam pada munculnya dalam menyambut bulan penuh berkah ini.”

“Kami memohon kepada Allah SWT untuk membantu semua orang yang melaksanakan ibadah shaum mencapai ibadah mereka dalam kemudahan dan kenyamanan, dan membuat negara Islam bersatu, berdamai dan menang,” tambah pernyataan itu.

Suhu 42-45 Derajat di Saudi

Komisi Umum Meteorologi dan Perlindungan Arab Saudi memperingatkan bahwa bulan suci Ramadhan tahun ini bertepatan dengan kenaikan suhu yang begitu signifikan.

Cuaca terik di tengah hari, tetapi cuaca akan menjadi moderat di malam hari. Suhu maksimum harian di tempat teduh akan berada di kisaran 42 sampai 45 derajat Celcius.

Akan ada formasi awan di dataran tinggi timur dari Makkah menuju Taif dan dataran tinggi selatan.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ini adalah saat ketika warga Muslim berpuasa dari fajar hingga senja. praktik membentuk salah satu dari lima pilar dasar Islam. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://saudigazette.com.sa/saudi-arabia/ramadan-fasting-begins-monday/

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.