SAUDI SELESAIKAN PROYEK KERETA API

foto : iinanews
foto : iinanews

Jeddah, 26 Dzulqa’dah 1436/10 September 2015 (MINA) – Arabia bekerjasama dengan Perusahaan Konstruksi telah menyelesaikan proyek  yang bertempatkan di tempat-tempat suci Mekkah, dalamwa waktu enam tahun, menurut laporan media.

China Railway Construction Corporation Limited (CRCC) menandatangani peneyelsaian proyek pekan ini dan menyerahkannya kepada Kementerian Urusan Kota dan Pedesaan Arab Saudi, Arab News melaporkan.

The CRCC mengatakan proyek ini dilaksanakan dalam waktu singkat menggunakan teknologi kelas dunia.

Selama 16 bulan terakhir, proyek mengerahkan 10.000 tenaga kerja untuk menyelesaikannya. Tahap pertama selesai pada November 2010. Lintasan kereta sepanjang 18,5 kilometer dengan biaya 1,773 milar dola AS (sekitar Rp25 triliun). Sembilan stasiun kereta api dibangun melintasi Mina, Muzdalifah dan Arafah. Lima kereta api disiapkan mengangkut 72.000 penumpang tiap jamnya.

Proyek tersebut merupakan kontrak pertama Kerajaan yang meliputi perencanaan, pengadaan, konstruksi, operasi dan pemeliharaan. Proyek memenangkan penghargaan prestasi tahunan Federasi Internasional Consulting Engineers  2012-2013.

Perusahaan itu mengatakan telah menyediakan 30.000 lapangan kerja bagi pemuda Arab dan memastikan pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi manajer.

“Proyek juga melatih sekitar 2.000 mahasiswa Saudi dari berbagai universitas di Inggris,” bunyi pernyataan.

Proytek kereta api telah meminimalisir sekitar 12.000 bus dari yang selama ini mengakibatkan kemacetan lalu lintas, mampu menurunkan tingkat polusi udara. Perusahaan mengatakan bahwa operasi kereta selama lima musim 2010-2014 dapat mengangkut 16 juta jamaah selama waktu itu. (T/AE/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0